10 Santri di Wilayah Perbatasan, Peroleh Ijazah dari Dansatgas Pamtas

10 Santri di Wilayah Perbatasan, Peroleh Ijazah dari Dansatgas Pamtas

Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan bersama Santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang berlokasi di Distrik Mindiptanah, Papua.

Boven Digoel-Papua, NewsMetropol – Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, tidak henti-hentinya untuk terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat, terlebih para warga yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini.

Menurut Dansatgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, Letkol Inf Sidik Wiyono, pengabdian ke masyarakat, merupakan visi dan misi yang paling utama sebagai prajurit pengaman perbatasan.

“Mulai dari segi pendidikan, keagamaan hingga kegiatan-kegiatan lain yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, kita jalankan dengan sebaik-baiknya,” ujar Letkol Inf Sidik, Selasa (22/5).

Memasuki bulan suci ramadhan kali ini, kata Dansatgas, dirinya menyempatkan diri untuk mengunjungi salah satu Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang berlokasi di Distrik Mindiptanah, Papua.

Lanjutnya di lokasi tersebut, terdapat puluhan anak-anak yang hampir setiap harinya menggelar pengajian rutin.

“Mereka, mendapat bimbingan dari personel kita,” tuturnya.

Namun, ada hal menarik dalam kunjungan yang dilakukan oleh Letkol Inf Sidik di TPA santri Al-Hidayah tersebut.

Dirinya, merasa sangat gembira ketika mendengar informasi dari personelnya mengenai beberapa santri yang dinyatakan lulus (khatam) membaca Al-Qur’an saat itu.

“Betapa senangnya ketika mendengar kabar itu. Sebagai bentuk apresiasi, kami juga memberikan ijazah khatam kepada 10 santri yang khatam membaca Al- Qur’an tersebut,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, di lokasi yang sama, Wadan Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, Mayor Inf Sugeng, juga menyempatkan diri untuk memberikan beberapa materi pembekalan kepada para santri di TPA tersebut.

Selain menghimbau para santri untuk rajin belajar, dirinya juga berpesan kepada para santri di TPA tersebut, untuk terus memperdalam ilmu keagamaan.

“Sebelumnya, kami ucapkan selamat terlebih dahulu kepada adik-adik kita yang khatam Al-Qur’an saat ini. Saya harap, adik-adik tersebut, dapat menularkan ilmunya ke santri-santri lainnya,” pinta Mayor Inf Sugeng.

Rencananya, dalam memperingati momentum ramadhan, sekaligus merayakan keberhasilan para santri yang khatam Al- Qur’an tersebut, Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, akan menggelar acara buka puasa bersama. Usai itu, para personel Satgas juga akan menggelar shalat tarawih bersama yang akan diikuti oleh santri dan warga setempat.

Tidak hanya itu saja, rencananya, dalam memperingati bulan suci ramadhan, Dansatgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, Letkol Inf Sidik Wiyono, berencana untuk menggelar lomba baca dan tulis Al-Qur’an di distrik-distrik lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Boven Digoel, Papua.

(M. Daksan)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *