15 Perwira Siswa Australia kunjungi Mabes TNI

15 Perwira Siswa Australia kunjungi Mabes TNI

Kedatangan Mayor Jenderal Simone Louise Wilkie beserta rombongan diterima langsung oleh Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono beserta Staf, di ruang tamu Puskersin, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Jakarta, Metropol – Sebanyak 15 Perwira Siswa Pusat Studi Strategi Pertahanan atau Center For Defence Strategic Studies (CDSS) Australia mengunjungi Mabes TNI, Selasa (25/7).

15 Siswa CDSS tersebut terdiri dari 13 Delegasi CDSS, 1  personel  Atase Udara  dan 1 personel Asisten Atase Udara dipimpin oleh Komandan  Sekolah Pertahanan Austalia atau Commander Australian Defence College, Mayor Jenderal Simone Louise Wilkie, Ao.

Kedatangan Jenderal Simone Louise Wilkie beserta rombongan diterima langsung oleh Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono beserta Staf, di ruang tamu Puskersin, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono menyampaikan sangat senang dan mengucapkan terima kasih atas dipilihnya Mabes TNI sebagai salah satu objek kunjungan para Perwira Siswa CDSS Australia.

“Saya yakin bahwa hasil dari proses pendidikan ini, akan dapat menjadi bekal dan pelengkap dalam penugasan para Perwira Siswa selanjutnya,” ucapnya.

Lebih lanjut Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono mengatakan, dengan adanya program strategis kunjungan luar negeri seperti ini, akan banyak manfaat yang dapat diambil, antara lain sebagai forum silaturahmi untuk menjalin dan meningkatkan hubungan secara personal maupun institusi militer kedua negara.

“Kegiatan ini dapat saling memberikan informasi serta bertukar pandangan tentang kemungkinan peningkatan kerja sama kedua negara,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kapuskersin TNI Laksma TNI Tatit Eko Witjaksono menyampaikan, kemajuan perkembangan hubungan kerja sama di bidang pertahanan dan militer kedua negara  sangat signifikan, yaitu adanya pertemuan pimpinan Angkatan Bersenjata masing-masing negara (high level committee), mekanisme konsultasi dan saling kunjung antar pejabat militer kedua negara, pertukaran personel untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan (jenjang S2, Sesko Angkatan, Sesko TNI dan Lemhannas), pertukaran tenaga pendidik militer, kerja sama logistik dan lain-lain.

Sementara itu, Komandan Sekolah Pertahanan Australia Mayor Jenderal Simone Louise Wilkie, Ao, mengatakan, kunjungannya ke Mabes TNI merupakan suatu kesyukuran dan kehormatan besar bagi para siswa CDSS karena diberi kesempatan untuk berdialog dan saling tukar menukar pemikiran dengan para perwira di Mabes TNI.

“Ini adalah kesempatan bagi siswa untuk memahami Indonesia dalam hal budaya, nilai kearifan dan juga kita dapat bekerja dalam menciptakan keamanan kawasan,” ucapnya.

Adapun rangkaian kunjungan 15 Perwira Siswa CDSS Australia ke Indonesia, yaitu melaksanakan kunjungan ke Mabes TNI, Mabes TNI AL, Mabes TNI AU, Mabes Polri, Kementerian Pertahanan dan Lemhannas, dilanjutkan mengunjungi Polda dan Gubernur Sulawesi Selatan.

(M. Daksan/Puspen TNI)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *