Agus Arifin Nu’mang Calon Gubernur Teruji

Agus Arifin Nu’mang Calon Gubernur Teruji

Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, M.S.

Jakarta, NewsMetropol – “Sukses hari ini adalah hasil kerja keras kemarin, dan hari esok ditentukan seberapa besar usaha hari ini…” (Agus AN, 1 Januari 2017).

Ir. H. Agus Arifin Nu’mang, M.S. adalah Wakil Gubernur Sulawesi Selatan yang menjabat sejak 2008 hingga hari ini, mendampingi Gubernur Dr. H. Syahrul Yasin Limpo selama 10 tahun. Agus lahir pada 16 Agustus 1963 di Makassar, makanya diberi nama Agus oleh Bapaknya almarhum Arifin Nu’mang, mantan Bupati Sidrap, seperti tertera di Wikipedia.

Agus adalah anak kolong, militer yang telah ditempah kedipsilinan tinggi oleh Bapaknya yang berlatar belakang militer, TNI. Agus adalah alumni sekolah-sekolah favorit di Sulsel dan universitas ternama di Indonesia: SDN 1 Pangkajene Sidrap; SMPN 6 Makassar; SMAN 1 Makassar; sarjana ilmu Pertanian dan magister Ekonomi Sumberdaya Agribisnis Universitas Hasanuddin Makassar.

Agus adalah mantan aktivis dan politisi yang berpengalaman, di tingkat Provinsi Sulawesi Selatan, seperti: Pengurus Daerah FKPPI; Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI); Dewan Paripurna DHD Angkatan 45; AMPI; Partai Golkar; AMPG; Persatuan Gulat Seluruh Indonesia TK-I; Wanhat IPWI; Percasi; IKA Smansa; Indonesia Offroad Federation; Ketua Umum Makassar Golf Club (MGC); Ketua Depinda SOKSI Sulsel; Partai Gerindra; dll. Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Agus_Arifin_Nu’mang

Agus juga memiliki beberapa pengalaman yang layak dibanggakan, misalnya sebagai: Dosen Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makasar, 1988-2000; Direktur CV Raktelindo Merdeka, 1993 sampai sekarang; Komisaris PT Raktelindo Mitratama, 1996 sampai sekarang; Anggota DPRD Provinsi Sulsel, 1999-2004; Wakil Ketua DPRD, 2003-2004; Ketua DPRD Provinsi Sulsel, 2004-2007; dan Wakil Gubernur Provinsi Sulsel, 2008 sampai sekarang, seperti dapat dibaca di: http://infotakalar.irsyadi.com/brtdtl.php?recordID=112

Agus adalah pejabat berpengalaman, berprestasi, dan telah mendapat beberapa penghargaan dari: Invesment Award Nominasi Provinsi terbaik bagi Penanaman Modal, 2008; Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI sebagai Pembina dan Kesehatan Kerja, 2009; Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam Transplantasi Terumbu Karang di 101 pulau terbanyak 22.220 stek, 2010; Rekor MURI sebagai penyelenggara “Donor Darah Serentak” di satu provinsi dengan peserta terbanyak, 2010; Kementerian Perhubungan RI sebagai Pelaksana Terbaik Pekan Keselamatan Jalan 2011, 2011; APDESI Award, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia atas keberhasilan kinerja daerah, 2012; Menteri Riset dan Teknologi RI, Anugerah Iptek Tahun 2013 kepada Provinsi Sulawesi Selatan (Budhipura) dalam Kategori Bidang Sumber Daya Iptek (tanpa tahun); sebagai Rangking 5 pada Realisasi Investasi Terbesar di Indonesia dengan nilai Rp 1,16 Ttriliun, 2014; dll. Selengkapnya dapat dilihat di: www.sulselprov.go.id

Agus memperistrikan Dr. Ir. Hj. Andi Majdah M. Zain, M.Si dan telah dikaruniai lima putra-putri. Agus adalah pejabat yang memiliki hobi naik sepeda gunung, golf, membaca buku, dan berbintang Leo. Agus memiliki account di media sosial: https://id-id.facebook.com/public/Agus-Arifin-Numang;http://agusarifinnumang.wordpress.com/profile/;https://idid.facebook.com/agusarifin.numang.

Di Mata Tanribali Lamo

TBL 2

Mayjen TNI (Purn) Drs. H. Tanribali Lamo, S. H.

Bagi Mayjen TNI (Purn) Drs. H. Tanribali Lamo, S.H, Agus Arifin Nu’mang adalah “pejabat teruji” yang telah memahami tugas dan fungsinya, terutama sebagai Wakil Gubenur Sulsel, sejak 2008. Tugas Wakil Gubernur itu adalah mengawasi, berkordinasi dan memberi saran-saran kepada Gubenur; Wakil Gubernur yang masuk 4% dari 542 Pejabat Pemerintah Provinsi dan Daerah/Kota seluruh Indonesia yang bertahan 10 tahun, dengan pasangannya, Syahrul Yasin Limpo; Birokrat mumpuni 20 tahun: 10 tahun di Legislatif Daerah dan 10 tahun di Eksekutif Daerah, Wakil Gubernur. Saya mengenal dan mengakui kemampuan birokrasi Pak Agus, makanya saya siap berpasangan, kata Tanribali Lamo, 9 Januari 2018.

Agus Arifin Nu’mang dan Tanribali Lamo kini telah berpasangan sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, 2018-2023, diusung oleh tiga partai politik: Partai Bulan Bintang, Gerindra, dan Partai Peratuan Pembangunan. Inilah pasangan ideal: sipil-militer yang akan melanjutkan pembangunan di Sulsel. Pasangan yang telah teruji di birokrasi, tidak pernah bersenggolan kasus korupsi dan moral. Pasangan yang akan  selalu menjaga etika dan fatson politik selama berkampanye. Pasangan yang akan meraih kemenangan elegan dan bermartabat.

Selamat berjuang Pak Agus dan Jenderal Tanribali. Bapak berdua pasti telah memahami adagium: “kesuksesan (dan kemenangan) hari esok, ditentukan seberapa besar usaha hari ini” seperti kutipan awal tulisan ini.

(Muhammad Saleh)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *