Bakamla RI Gelar Workshop Harmonisasi Kebijakan Internasional Kamla

Bakamla RI Gelar Workshop Harmonisasi Kebijakan Internasional Kamla

Direktur Kebijakan Keamanan Laut Bakamla RI Sucipto, S.H., M.Hum memberikan sambutan pada pembukaan Workshop Harmonisasi Kebijakan Internasional Keamanan dan Keselamatan Laut Tahun 2017, di Hotel Mercure Bali Harvestland, Kuta, Bali, Kamis (28/9).

Bali, Metropol – Direktur Kebijakan Keamanan Laut Bakamla RI Sucipto, S.H., M.Hum mewakili Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Ari Soedewo S.E., M.H., membuka Workshop Harmonisasi Kebijakan Internasional Keamanan dan Keselamatan Laut Tahun 2017, di Hotel Mercure Bali Harvestland, Kuta, Provinsi Bali, Kamis (28/9).

Pada sambutan pembukaan Sucipto menjelaskan, workshop digelar dalam rangka memfasilitasi pertemuan antar instansi dan pihak-pihak terkait untuk bersama-sama membahas permasalahan/isu keamanan dan keselamatan laut berdasarkan aturan-aturan, mensosialisasikan peraturan pemerintah serta undang-undang terkait keamanan keselamatan laut untuk diketahui bersama, didiskusikan, dan dicari solusi terbaik.

Sucipto juga mengatakan, Bakamla RI memiliki kemampuan dalam hal patroli keamanan dan keselamatan, surveillance, dan sinergitas. Untuk membentuk sinergi antar instansi serta masyarakat, melalui workshop ini Bakamla RI berharap dapat terjalin komunikasi yang efektif dan efisien sehingga dihasilkan kesamaan persepsi dan tindakan dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik, terkait aspek penegakan hukum di laut.

Dalam kegiatan ini Direktorat Kebijakan Bakamla RI mengundang empat orang nara sumber yaitu Kasi Kerjasama Multilateral dan Organisasi Internasional Bakamla RI Hudiansyah Is Nursal, S.H., MILIR., Kasi Advokasi dan Diseminasi Pengawasan Keselamatan Pelayaran KPLP Jan Piter Daniel, Kus Prisetiahadi dari Kemenkomaritim, dan Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana I Gede Hendrawan, S.Si., M.Si., Ph.D.

Sedangkan peserta workshop merupakan perwakilan yang berasal dari berbagai instansi antara lain Basarnas, Polair Polda Bali, KSOP Benoa, Kejati Bali, HNSI Bali, PSDKP Benoa, Asosiasi Tuna Longline Indonesia (ATLI), FH Universitas Udayana, dan Dinas Pariwisata Prov. Bali.

(M. Daksan/Humas Bakamla RI)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *