Banjir Rob Genangi Beberapa Wilayah Jakut Hingga Setengah Meter

Banjir Rob Genangi Beberapa Wilayah Jakut Hingga Setengah Meter

Tampak banjir rob di Pelabuhan Sunda Kelapa sepanjang Dermaga Pelra (Pelayaran Rakyat) dari Bak Air Pintu 1 – Gudang 09, Ketinggian air mencapai sekira 30 sampai dengan 35 Cm. Foto/Humas.

Jakarta, Metropol – Wilayah hukum Polsek Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara dilanda banjir rob akibat air laut pasang, Selasa (5/12) sejak pukul 11.00 Wib siang.

Kapolsek Sunda Kelapa, Kompol Joko Agus Wulantoro mengatakan, ketinggian air yang menggenangi beberapa titik lokasi di wilayahnya tersebut bervariasi.

“Seperti di Pelabuhan Sunda Kelapa Sepanjang Dermaga Pelra (Pelayaran Rakyat) dari Bak Air Pintu 1 – Gudang 09, Ketinggian air mencapai sekira 30 sampai dengan 35 Cm,” ujarnya kepada Metropol.

Sedangkan di Belakang Gudang 08 S – Gudang 03 kata dia, ketinggian air mencapai 10 sampai dengan 20 cm.

“Begitupula di Kantor Polsek Lama di Depan KSOP Sunda Kelapa, ketinggian air sekitar 10 sampai dengan 20 cm,” ujarnya lagi.

Lanjutnya, Pelabuhan Muara Angke Polsub Sektor Muara Angke ketinggian air sekitar 30 cm, Tanggul Kaliasin Pelabuhan Muara Angke, ketinggian air sekitar 5 sampai dengan 10 cm dan Kampung Bermis RT 01/RW 011, ketinggian air sekitar 10 sampai dengan 15 cm.

“Sepanjang Jalan Kaliadem, ketinggian air 25 sampai dengan 30 cm. Sepanjang Jalan Dermaga TPI – Pintu Masuk TPI Lama, ketinggian air sekitar 20 sampai dengan 25 cm. Jalan menuju PT. Dok, ketinggian air sekira 20 sampai dengan 25 cm,” tambahnya.

Menurut Kompol Joko, genangan air yang diakibatkan oleh pasangnya air laut tersebut membuat air meluap menggenangi jalanan sehingga mengganggu aktifitas warga.

“Air laut yang meluap hingga melewati tidak tertahan oleh tanggul mengakibatkan air meluap ke daratan dan untuk mengantisipasi banyaknya air laut yang mengalir ke daratan warga bergotong royong menahan air dengan menggunakan karung berisikan pasir,” terangnya.

Sementara itu, di Wilayah Polsek Muara Baru, banjir rob juga menggenangi beberapa daerah dan ruas jalan dengan ketinggian antara 5 sampai dengan 50 cm.

Banjir Rob dihalaman Polsek Kawasan Muara Baru 2

Tampak banjir rob yang melanda wilayah Polsek Kawasan Muara Baru. Foto/Humas.

Kapolsek Muara Baru AKP Dwi Susanto, SH kepada Metropol mengatakan, daerah yang dilanda banjir rob di wilayahnya meliputi Jalan Hiu Raya, Jalan Tuna Raya, Jalan Cumi Raya, Jalan Kakap dan Jalan Tuna 6.

Lanjut Kapolsek, pihaknya dibantu personil Sabhara Polres Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 25 personel berjibaku membantu kesulitan warga dengan mengerahkan sarana dan prasarana yang ada untuk dapat mengevakuasi para pekerja dan masyarakat yang akan keluar maupun yang masuk ke Pelabuhan.

Dia menambahkan, meskipun wilayahnya dilanda banjir rob namun masyarakat du Pelabuhan Muara Baru tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa.

“Akibat banjir rob ini, korban jiwa tidak ada korban materiil belum dapat di taksir, namun situasi secara umum masih kondusif aman,” pungkasnya.

(Risyaji)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *