BNN Musnahkan 107 Kg Sabu dan 59 Ribu Butir Ekstasi

BNN Musnahkan 107 Kg Sabu dan 59 Ribu Butir Ekstasi

Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso yang di dampingi Deputi Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari saat memberi keterangan kepada awak media di lokasi pemusnahan narkoba, Jumat (15/4). Foto: Humas BNN.

Jakarta, Metropol – Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali memusnahkan sebanyak 107.549,58 Kg sabu dan 59.470 butir ekstasi di Garbage Plant – Sanitation PT Angkasa Pura II, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

BNN menangkap 32 tersangka, satu di antaranya warga negara Taiwan dan sisanya WNI yang merupakan pemain lama atau residivis yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia.

“Mereka ini pemain lama. Kami mencokoknya dari 14 kasus penangkapan di Jakarta, Depok, Bekasi, Bandara Soetta, sampai ke Berau, Kalimantan Timur,” ujar Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso saat memberi keterangan di lokasi pemusnahan narkoba, Jumat (15/4).

Pengungkapan 14 kasus narkoba ini berlangsung dalam kurum waktu 31 Januari hingga 8 April. Berbekal pengalaman sebelumnya, para residivis tersebut mengakali penyelundupan narkoba dengan beragam cara. Seperti disembunyikan di dalam bungkus pupuk ZA metrokimia, gir, dan dimasukan ke dalam bungkus plastik teh China.

“Modus mereka beragam dari waktu kewaktu. Mereka melakukan penyelundupan atau pengiriman dengan perasaan tenang, seperti tidak punya dosa,” jelas Budi Waseso.

Budi Waseso, yang akrab disapa Buwas berharap, para bandar tersebut dijatuhi hukuman tegas hingga hukuman mati agar tidak kembali berulah.

“Kalau dipenjara saja kemudian dia bebas, bisa mengulangi lagi ulah yang sama tanpa perasaan berdosa,” kata dia.

Dari 107.549,58 Kg sabu dan 59.470 butir ekstasi yang dimusnakan itu, sebelumnya petugas telah menyisihkan 168,5 gram sabu dan 315 butir ekstasi guna keperluan laboratorium, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pendidikan dan pelatihan.

(Deni M)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *