BNNP Sultra Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu

BNNP Sultra Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Sabu

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol. Drs Imron Korry, didampingi Dandenpom XIV /3 Mayor Cpm Erik Alamsyah Sinaga .B. Eng, pada kegiatan pemusnahan barang bukti narkotika Golongan 1 jenis metampetamin/sabu, Senin (8/4).

Kendari, NewsMetropol – Badan Narkotika Nasional Provinsi Sulawesi Tenggara (BNNP Sultra) memusnakan barang bukti narkotika Golongan 1 jenis metampetamin/sabu yang berhasil diamankan dari seorang tersangka yang diduga sebagai pengedar, Senin (8/4).

Barang bukti sebanyak 1082.00 gram itu disita dari tersangka yang berinisial HPS alias Ndoger (28) beralamat di Jalan Rambutan No 12 C Kelurahan Wawowanggu Kecamatan Kadia Kota Kendari, Prov. Sulawesi Tenggara.

Tersangka HPS alias Ndoger diamankan di jalan Pancasila Kompleks ASDP Pelabuhan Feri Kolaka Kelurahan Latambaga Kecamatan Kolaka, Kabupaten Kolaka.

Pada hari Sabtu, 16 Maret 2019 sekira Pukul 04.30 wita, Petugas BNNP Sultra melakukan penangkapan terhadap seorang laki laki yang diduga membawa narkotika golongan 1 jenis sabu dari Makassar menuju Kendari melalui jalur darat, selanjutnya menyeberang dengan menggunakan kapal Feri Bajoe ke Kolaka.

Dari tersangka berhasil diamankan barang bukti 2 (dua) bungkus plastik bening dengan berat bruto 2082.00 (deribu delapan puluh dua koma nol nol) gram. Selanjutnya tersangka bersama barang bukti di bawah ke Kantor BNNP Sultra.

Adapun modus operandi kurir yang ditugaskan oleh seseorang yang berinisial (P) untuk mengambil narkoba di Bone, Sulawesi Selatan. Tersangka HPS berangkat ke Makassar melalui jalur udara, lalu ke Kabupaten Bone Sulawesi Selatan untuk mengambil Paket tersebut dan pulang ke Kendari melalui Pelabuhan Bajoe menuju Kabupaten Kolaka. Semua biaya ditanggung oleh pelaku inisial (P) yang hingga saat ini masih dalam proses pengembangan.

Barang bukti yang dimusnahkan hari ini berdasarkan surat Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka Nomor B.305/R.3.12/Euha1/03/2019 tanggal 27 Maret 2019, tentang ketetapan status barang sitaan tindak pidana Narkotika, menetapkan bahwa 2 (dua) paket/ barang sitaan dari tersangka HPS alias Ndoger seberat 1082.00 gram bruto akan dimusnahkan 1072.00 gram bruto dan disisihkan 10.00 gram Bruto untuk dijadikan barang bukti Laboratorium dan perkara di Persidangan

Tersangka terancam Pasal 114 ayat 2 subsidair Pasal 112 ayat 2 UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman Pidana mati, pidana penjara seumur hidup, atau Pidana penjara paling singkat 6 (enam) tahun dan paling lama 20 (duapuluh) tahun.

Hadir dalam acara pemusnahan barang bukti tersebut, Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol. Drs Imron Korry,  Dandenpom XIV /3 Mayor Cpm Erik Alamsyah Sinaga .B. Eng, Direskrim Narkoba Polda Sultra, Kepala BP POM Sultra, Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Kepala Bidang Pemberantasan Narkoba Kabupaten Kolaka dan Mahasiswa serta tokoh Masyarakat.

(Bahrun/H. Anwar)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *