Bocah Miskin Penderita Tumor di Blitar Akhirnya Dirujuk ke RS

Bocah Miskin Penderita Tumor di Blitar Akhirnya Dirujuk ke RS

Lutfiana Alifatus Z. (9) bocah perempuan penderita tumor di bagian perut saat dirujuk ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Kabupaten Blitar.

Blitar, NewsMetropol – Lutfiana Alifatus Z. (9) bocah perempuan penderita tumor di bagian perut akhirnya dirujuk ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Kabupaten Blitar, Kamis (5/4).

Dirujuknya siswa kelas III SD ini ke RSUD Ngiludi Waluyo Wlingi, tidak terlepas dari pendampingan yang dilakukan oleh LSM GPI.

“Pasien merupakan putri dari pasangan Mariyamah dan Alm. Soiman warga RT 1 RW 3 Desa Kebonduren Kecamatan Ponggok yang tergolong masyarakat tidak mampu,” ujar Deni salah seorang kerabat pasien kepada NewsMetropol, Jum’at (6/4).

Lanjutnya, Lutfiana diketahui menderita penyakit tumor semenjak bulan Agustus tahun lalu karena selalu mengeluhkan kondisi perutnya

“Bahkan untuk buang air besar pun sulit dan terkadang mengeluarkan darah waktu buang air besar, dan akhirnya dari pihak keluarga memutuskan untuk membawa ke RS Syuhada Haji untuk dilakukan diagnosa dan hasilnya Lutfiana divonis mengidap penyakit tumor. Lalu dibuatkan surat rujukan untuk dirawat ke RSUD Ngudi Waluyo,” ujar Deni lagi.

Masih kata Deni, karena terbentur biaya, akhirnya selama 7 bulan, pihak keluarga memutuskan untuk merawat Lutfiana dirumah saja.

“Hanya sekedar dikasih ramuan seadanya berupa jamu kunir putih dari Ibunya. Anak ini punya semangat yang luar biasa dengan kondisi penyakit yang dideritanya, bahkan masih bisa masuk sekolah, namun sudah 3 hari ini Lutfiana tidak masuk sekolah karena mengeluh sakit,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, dr. Kuspardani mengatakan melalui koordinasi dengan LSM GPI, pihaknya berupaya mempercepat menindaklanjuti penanganan Lutfiana.

“Kami akan segera menindaklanjuti bocah pengidap penyakit tumor dengan merujuk ke RSUD Ngudi Waluyo, dengan diantar mobil Ambulans Puskesmas desa setempat,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya akan membantu membuatkan Surat Pernyataan Miskin (SPM) untuk Keluarga Pasien.

Alhasil karena perhatian serius Pemkab Blitar, akhirnya Lutfiana kini mendapatkan perawatan medis dari RSUD Ngudi Waluyo.

Bahkan Kepala Dinkes Kabupaten Blitar, dr. Kuspardani tampak menjenguk Lutfiana yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

(IP)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *