BPN Kota Batu Targetkan Sertifikasi 10.000 Bidang Tanah Selesai di Hari Agraria

BPN Kota Batu Targetkan Sertifikasi 10.000 Bidang Tanah Selesai di Hari Agraria

Kepala BPN Kota Batu, Sulam Samsul.

Batu, NewsMetropol – 10.000 bidang tanah bersertifikasi menjadi fokus kerja BPN Kota Batu dalam  mensukseskan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPN Kota Batu, Sulam Samsul dalam agenda buka bersama yang memberikan santunan 50 anak yatim saat acara pisah sambut Pejabat Pengawas dilingkup BPN Kota Batu, Rabu (6/6).

Sulam menjelaskan, sebanyak 3 orang pejabat yang mutasi, Mukim pindah ke Kanwil, Bayu di pindah ke BPN Kota Malang dan Wiwik ke BPN  Kediri.

“Pejabat yang baru semuanya dari Kabupaten Malang, terdiri dari Kasubag TU Sri Hendarwati, Bagian Pengukuran Sarjono dan Bagian Penataan Didik,” jelasnya.

Terkait PTSL, Kepala BPN Kota Batu itu  menjelaskan, bahwa program yang ketentuannya selesai pada bulan Desember tersebut Insyaallah bisa dirampungkan 3 bulan lebih cepat dari ketentuan, yakni tanggal 24 September 2018, bertepatan dengan Hari Jadi Agraria.

“Kalau target bisa tercapai, tentunya sangat baik dan akan ada reword,” katanya.

Dikatakan Sulam, fokus pengerjaan sesuai penetapan wilayah, yaitu menyelesaikan Desa Gunungsari yang 2017, sedangkan yang baru adalah Desa Oro oro ombo, Desa Tulungrejo, dan Kelurahan Dadaprejo.

Perlu diketahui, jelasnya, bahwa Program Pendaftaran Sistematis Lengkap (PTSL) adalah program terbaru dari BPN Kota Batu menggantikan Program Prona.

Didalamnya mencakup pendataan semua status tanah, baik yang sudah tersertifikasi ataupun yang belum, tanah bersengketa atau tanah kosong di seluruh wilayah Desa.

“Hasilnya adalah sertifikat, peta bidang tanah dan daftar tanah,” pungkasnya.

(Yud/Rin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *