Bumdes Sasaji Hadir di Desa Pujon Lor Kabupaten Malang

Bumdes Sasaji Hadir di Desa Pujon Lor Kabupaten Malang

Kades Pujon, Lor Toni Irawan.

Batu, NewsMetropol – Menyandang nama Desa Wirausaha, Kades Pujon Lor  Toni Irawan bersama tokoh masyarakat, H. Hasan Suwardi dan anggota DPRD Kabupaten Malang, Sodikul Amin menggerakkan perekonomian masyarakat melalui berdirinya usaha milik desa.

Dengan nama Bumdes Sasaji (Badan Usaha Milik Desa Salam Satu Jiwa), Toni meyakini usaha yang direncanakan terdiri dari 7 unit usaha itu bisa meningkatkan kesejahteraaan masyarakat Pujon Lor dan menambah Pendapatan Asli Desa (PAD).

Ketujuh unit itu bergerak dibidang Cafe Resto susu, bidang sampah, bidang wirausaha, bidang pertokoan, bidang simpan pinjam dan bidang pariwisata.

“Di awal usaha Bumdes, kami fokuskan di cafe resto susu dan wirausaha yang menyajikan produk lokal unggulan dari hasil pertanian berupa makanan, minuman dan oleh-oleh dengan sistem kongsinasi.

“Selanjutnya untuk pengembangan difokuskan ke bidang pariwisata, seperti pembangunan wahana bermain anak anak,” imbuh Toni kepada NewsMetropol, Rabu (13/6).

Toni mengatakan, dalam agenda ngabuburit dan buka puasa bersama, dilakukan koordinasi pemantapan kelembagaan tentang kepengurusan Bumdes, kemudian membahas tupoksi masing-masing yang mengacu pada AD, ART dan Perdes tentang Bumdes.

“Terkait launching, Insyaallah selesai dalam 3 bulan kedepan,” ungkapnya..

Toni menjeleskan, bahwa anggota Bumdes saat ini 99 persen dari pemuda pemudi desa, dengan kepengerusan Direksi terdiri dari 6 orang dan 7 kepala unit usaha.

(Yud/Rin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *