Buton Tengah Diguncang Gempa Bumi

Buton Tengah Diguncang Gempa Bumi

Foto/BMKG Kendari.

Kendari, NewsMetropol – Gempa bumi mengguncang wilayah Barat Daya Kabupaten Buton Tengah, Sulawesi Tenggara pada  Senin (5/2).

Hasil analisa BMKG menunjukan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 08:12:19 Wita dengan kekuatan 3.7 SR.

Menurut Pelaksana Harian Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Sumarlin, gempa terjadi pada koordinat 5.41 LS – 122.38 BT sekitar 18 Kilometer Barat Daya Kabupaten Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 Kilometer.

“Berdasarkan laporan masyarakat gempabumi ini dirasakan di Lakudo, Kabupaten Buton Tengah dalam skala intensitas I SIG BMKG (II MMI). Sampai dengan saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut,” ungkapnya.

Terkait dengan peristiwa gempabumi di wilayah Tenggara Kendari ini, hingga laporan ini disusun pada pukul 09.00 Wita, belum terjadi lagi aktivitas gempabumi susulan.

“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan melakukan aktivitas seperti biasa. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” imbuh Sumarlin.

“Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal yang melalui wilayah tersebut,” pungkasnya.

(Ronal Fajar)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *