Cegah Narkoba Sejak Dini, UPTD Dikbud dan Muspika Cibeber Sosialisasikan P4GN

Cegah Narkoba Sejak Dini, UPTD Dikbud dan Muspika Cibeber Sosialisasikan P4GN

Lebak, Metropol – Dalam upaya terus melaksanakan Inpres RI Nomor 12 Tahun 2011 Tentang Jakstranas P4GN Tahun 2011-2015, UPTD Dikbud dan Muspika Cibeber akan menyelenggarakan sosialisasi bertemakan “Cegah Narkoba Sejak Dini” yang akan dilaksanakan pada awal Februari 2016 nanti secara bergilir di Sekolah Dasar (SD) yang berada di wilayah Kecamatan Cibeber.

Acara kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba (P4GN) dilaksanakan bekerjasama dengan Metropol Lebak, Banten atas binaan dan dukungan dari BNNP Banten dalam upaya gerakan Stop Narkoba.

Kepala UPTD Dikbud Kecamatan Cibeber, Madkosih, M.Pd mengatakan, “masalah narkoba ini, memang masalah serius yang harus segera ditanggapi secara bersama. Mudah-mudah dengan kegiatan ini, minimal kita semua dapat waspada,” kata Madkosih saat ditemui Metropol diruangannya baru-baru ini.

Kegiatan sosialisasi P4GN tersebut sangat didukung oleh Muspika Cibeber, seperti halnya Camat Cibeber Drs. Dedi Supratnawijaya M.Si mengatakan, “kegiatan ini wajib didukung oleh semua pihak. Karena selain memiliki ketetapan hukum sebagai Instruksi Presiden, sudah selayaknya kita semua membuka hati, mata dan telinga terkait bahaya narkoba tersebut,” kata Camat Cibeber.

Maksud dan tujuan sosialisasi bahaya narkoba kepada anak-anak Sekolah Dasar (SD) yaitu :

  • Memberikan pengenalan tentang jenis dan bahaya narkoba.
  • Kontrol nyata sejauh mana anak-anak mengetahui bahaya narkoba.
  • Agar anak-anak waspada dengan jajanan yang dijajakan sembarangan di luar kantin sekolah. Karena modus pengedar narkoba itu bermacam-macam.
  • Mencegah peredaran bahaya narkoba disekitar lingkungan.
  • Memberikan pemahaman program pemerintah terkait rehabilitasi untuk korban narkoba, agar segera melaporkan diri sehingga tidak dikenakan sanksi hukum.
  • Ikut mensuksekan program pemerintah melaksanakan pembangunan generasi muda yang bersih dan bebas Narkoba

Menurut Dicky Abiasa, ketua penyelenggara yang mewakili Lemdiklat Metropol di Provinsi Banten menjelaskan. Dalam kegiatan sosialisasi “Cegah Narkoba Sejak Dini” yang akan dilaksanakan di Sekolah Dasar (SD) di seluruh wilayah Kecamatan Cibeber adalah bagian “Tolak Ukur”, dimana Lemdiklat Metropol akan meneliti seberapa jauh tingkat keperdulian dari segala lapisan masyarakat mengenai “Indonesia Darurat Narkoba”. Dari mulai seberapa jauh pemahaman anak tentang bahaya narkoba sampai kepada rasa keperdulian dari para pendidik, pejabat setempat, para tokoh, bahkan beberapa perusahaan yang ada di wilayah tersebut untuk mewujudkan P4GN.

“Kegiatan ini sebatas ceremony biasa dengan menekankan sikap tolak narkoba dalam memberikan penyuluhan dasar kepada anak mengenai bahaya narkoba, dampak dan sanksi hukumnya. Namun tetap tidak mengurangi sebagai gerakan Stop Narkoba,” kata Dicky.

(Zaenal M)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *