Cegah Peredaran Narkoba, BNNP NTB Gelar Tes Urine di Lingkup ASN Lombok Barat

Cegah Peredaran Narkoba, BNNP NTB Gelar Tes Urine di Lingkup ASN Lombok Barat

Tim BNN Provinsi NTB, saat memeriksa urine ASN Lombok Barat, di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Senin (3/12).

Giri Menang, NewsMetropol – Estimasi Pengguna narkoba di Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar 1,8 persen. Dari data tersebut diperkirakan jumlah penduduk pemakai narkoba sekitar 36 ribu jiwa tersebar di seluruh NTB.

Data ini merupakan data secara keseluruhan dan belum ada penelitian yang menggunakan pengelompokan semisal penelitian per Kabupaten atau Kota.

Hal tersebut diakui Kabid Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi NTB, AKBP Cheppy Ahmad Hidayat, SIK, saat melakukan tes urine di lingkungan ASN Lombok Barat (Lobar) yang digelar di Aula Kantor Bupati Lombok Barat, Senin (3/12).

Tes urine yang dilakukan Cheppy bersama sembilan anggota lainnya ini bertujuan untuk mencegah dan meminimalisir  pengguna narkoba di lingkungan ASN.

Dari data absensi, peserta yang dijadikan sampel untuk mengikuti tes urine sejumlah 50 orang ASN dari masing-masing SKPD mulai dari kepala dinas, kepala bagian, camat dan lainnya.

“Dari jumlah kasus yang ditemui, pengguna narkoba di lingkungan ASN tidak terlalu banyak. Pengguna narkoba banyak ditemui di kalangan pengangguran, pelajar, mahasiswa dan didominasi oleh swasta. Untuk wilayah Lombok Barat saja, kasus pengguna narkoba yang telah ditangani Polda NTB sebanyak 70 kasus,” terang Cheppy.

(Rahmat)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *