Danlanal Kendari Pimpin Peringatan HUT TNI AL ke 74

Danlanal Kendari Pimpin Peringatan HUT TNI AL ke 74

Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna pada acara peringatan HUT TNI AL ke 74 di Mako Lanal Kendari, Selasa (10/9).

Kendari, NewsMetropol – Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna memimpin upacara peringatan HUT TNI AL ke 74 di Mako Lanal Kendari, Selasa (10/9).

Membacakan amanat Kepala Staf TNI AL (Kasal), Danlanal Kendari mengatakan bahwa selama 74 tahun TNI Angkatan Laut telah menunjukan jati dirinya sebagai komponen pertahanan negara yang tangguh di tengah perubahan lingkungan strategis yang dinamis.

Kata dia, ancaman tradisional dan non-tradisional pada lingkup nasional dan regional menuntut perhatian terus menerus dan tindakan mitigasi yang tepat.

Lanjutnya, TNI Angkatan laut telah aktif terlibat dalam menjamin kepentingan Maritim Indonesia  terutama pada pelaksanaan tugas sesuai amanat undang-undang nomor 34 pasal 9 tahun 2004 tentang TNI mengenai keamanan dan pengembangan kekuatan maritim.

“Pembinaan wilayah pertahanan laut, seberapa jauh langkah strategi baru telah diterapkan agar efektif dapat memenuhi komitmen kita kepada bangsa dan negara, komitmen ini di tujukan untuk membuat struktur kekuatan angkatan laut agar lebih efisien dan selalu berorientasi pada hasil serta kesiapan operasi,” ujar Kasal.

Saat ini terang Kasal, berbagai alutsista TNI berupa kapal perang dan pesawat udara patroli maritim sedang dibangun.

“Hal ini merupakan suatu kebanggaan bahwa industri pertahanan dalam negeri turut berkontribusi besar dalam membangun kemampuan tempur TNI Angkatan Laut,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan, bahwa kekuatan tempur Angkatan Laut semakin bertambah dengan masuknya Perusak Kawal Rudal (PKR) kelas Raden Eddy Martadinata, kapal selam kelas Nagapasa, kapal patroli angkut pasukan perlengkapan tempur Marinir dan peningkatan kekuatan pendukung seperti kapal Rumah Sakit dan pangkalan-pangkalan Angkatan Laut.

“Dari sisi operasional, TNI Angkatan Laut telah mengorientasikan ulang strategi penggunaan kekuatan dan gelar operasi, setiap operasi pesawat udara dan  maritim yang ditunjang oleh peran pangkalan dalam melaksanakan patroli perlu secara aktif dan terlibat dalam memastikan keamanan maritim di seluruh wilayah Yurisdiksi Nasional Indonesia,” imbuhnya.

Kasal menambahkan bahwa pasukan Marinir juga berperan aktif dalam menjaga pulau-pulau terluar dan Angkatan Laut juga selalu ikut melaksanakan ketertiban masyarakat dengan secara rutin mengirimkan kapal perang dan pasukan dalam misi perdamaian dunia.

Dalam amanatnya, Kepala Staf Angkatan Laut juga menyampaikan terimah kasih dan penghargaan yang tinggi kepada segenap Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil TNI Angkatan Laut atas loyalitas dan pengabdian yang telah diberikan dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yang diembankan kepada TNI Angkatan Laut.

“Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada para sesepuh yang telah membangun TNI Angkatan Laut hingga saat ini, serta seluruh keluarga besar TNI angkatan laut yang selalu memberikan dukungan moril dan doa dan motifasi kepada prajurit hingga memberikan kepercayaan diri yang kuat dalam melaksanakan tugas yang diembannya,” pungkasnya.

(Bahrun)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *