Danrem 143/HO Gugah Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan

Danrem 143/HO Gugah Peran Mahasiswa Sebagai Agen Perubahan

Danrem 143/HO Kolonel Inf. Andi Perdana Kahar, SH., saat memberikan pembekalan kepada Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo (UHO) Semester Genap TA. 2017 di Gedung Auditorium Mokodompit Kampus Hijau Anduonohu Kendari, Rabu (9/8).

Kendari, Metropol – Komandan Korem 143/HO Kolonel Inf. Andi Perdana Kahar, SH., memberikan pembekalan kepada Mahasiswa KKN Universitas Halu Oleo (UHO) Semester Genap TA. 2017 di Gedung Auditorium Mokodompit Kampus Hijau Anduonohu Kendari, Rabu (9/8).

Di hadapan 3500 peserta KKN UHO tersebut, Komandan Korem 143/HO mengatakan, mahasiswa sebagai agen perubahan hendaknya terus mengabdikan dirinya untuk kemajuan bangsa dan negara

Menurut Danrem, kehadiran Mahasiswa di tengah masyarakat sangat dibutuhkan mengingat masyarakat Sulawesi Tenggara masih memiliki berbagai macam keterbatasan baik dari kapasitas SDM maupun keterbatasan infrastruktur.

Lanjut Danrem, Provinsi Sulawesi Tenggara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah hendaknya menjadi pemicu mahasiswa untuk dapat meningkatkan kemampuan akademis dan kemampuan emosionalnya sehingga dapat mengelola ketersediaan sumber daya alam di Sultra.

“Sebagai masyarakat Sultra yang ilmiah, sudah sepatutnya adik-adik mahasiswa mengebangkan diri sehingga potensi kekayaan di Sultra kita kelola sendiri,” terang Danrem.

Danrem juga mengatakan agar dapat keinginan tersebut terwujud, maka mahasiswa harus dapat menyeimbangkan kecerdesan intelektual dan kecerdasan emosionalnya.

“Kalau jadi mahasiswa kuliah dan berorgansasi sebagai wadah penempaan kecerdasan emosional seharusnya berjalan seimbang. Dalam artian tidak monoton kuliah dan juga tidak monoton berorgansasi,” jelas Danrem.

Pada kesempatan itu, Danrem juga mengingatkan potensi ancaman perang yang akan terjadi pada masa mendatang.

“Kedepannya negara yang berada di garis equator terasuk Indonesia akan menghadapi derasnya arus migrasi dari negara yang beriklim sub tropis. Ini karena negara kita memiliki kekayaan energi dan sumber pangan yang banyak yang menjadi penyebab dari perang itu sendiri,” bebernya.

Oleh karena itu Danrem berharap mahasiswa harus peka dan jeli menganalisa setiap perkembangan sosial yang terjadi di masyarakat sehingga peran serta sebagai agent of change dapat terwujud.

Turut memberikan pembekalan kepada Mahsiswa peserta KKN Semester Genap tahun 2017 adalah Rektor UHO Dr. Muhammad Zamrun, M.Sc. dan Karo SDM Polda Sultra Kombes Pol Nurworo Danang.

(M. Daksan/Penrem 143)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *