Desa Banyuwangi Persiapkan Rencana Relokasi Dua Kampung

Desa Banyuwangi Persiapkan Rencana Relokasi Dua Kampung

Bogor, Metropol – 228 rumah yang berada di Kampung Penggeleseran dan Kampung Cibugis, Desa Banyuwangi, Kecamatan, Cigudeg, Kabupaten Bogor, saat ini dalam mempersiapkan relokasi ke wilayah  blok kemang.

Kepala Desa Banyuwangi, Jaih mengatakan, “luas tanah yang saat ini sedang dalam pemerataan 3,7 hektar,” katanya kepada Metropol, Rabu (25/5).

Jaih menjelaskan, anggaran relokasi tersebut didapatkan dari APBD dengan satu unit rumah senilai 50 juta yang pengambilannya dilakukan melalui 3 termin atau disesuaikan kebutuhan. Rencana luas bangunan panjang 4 meter dan lebar 8 meter. Dengan faslitas 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, kamar mandi, dan ruang makan.

Dari 228  rumah yang direlokasi pengerjaannya di bentuk 11 kelompok masyarakat (POKMAS)  dan  pembangunan rumah tersebut akan  menggunakan bahan matrial seperti hebel, keramik, baja ringan dan genteng metal.

Ketua BPD Banyuwangi, Misna mengatakan, “memang sudah seharusnya warga tersebut direlokasi. Karena lahan yang mereka tempati sudah masuk zona merah, artinya rawan longsor dan tekstur tanahnya pun sangat labil, sehingga berpotensi terjadinya longsor,’’ kata Misna.

Menurut Misna, proses pembangunan 228 rumah akan dibuatkan permanen dan bahan matrial  yang akan digunakan seperti, hebel, baja ringan, dan atapnya akan menggunakan genteng metal. Misna berharap pembangunan relokasi ini sukses tanpa ekses.

“Proses pengajuan relokasi cukup lama  dan memakan waktu sampai 9 tahun. Akhirnya  relokasi pun bisa terealisasi,” ungkapnya.

Maman Sahroni, salah satu warga penerima bantuan mengatakan, “terimakasih kepada Pemerintahan Desa, maupun Pemkab (Bogor) yang sudah merelokasi dan membantu kami semua. Nanti kalau sudah selesai pembagunan rumah ini, kami akan segera pindah agar  lebih aman dan kami tidak merasa khawatir lagi,” pungkasnya.

(Rahman E/Amank)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *