Diduga Cemarkan Nama Baik di Medsos, Jurnalis Palopo Ditahan

Diduga Cemarkan Nama Baik di Medsos, Jurnalis Palopo Ditahan

Ilustrasi social media.

Palopo, NewsMetropol – Setelah melalui proses penyidikan yang cukup panjang, perkara kasus pencemaran nama baik yang diduga dilakukan oleh Syamsiar Syam, seorang jurnalis sekaligus pemilik media di Kota Palopo, Sulawesi Selatan akhirnya bermuara pada penahanan terhadap Syamsiar.

Berkas perkara Syamsiar yang diduga melakukan tindakan pencemaran nama baik terhadap Yunus kini telah naik status dan telah memenuhi seluruh alat bukti dan dinyatakan lengkap atau P21, sehingga pihak yang berwajib melakukan penahanan terhadap tersangka.

“Dari hasil peyidikan atas semua bukti-bukti yang ada, akhirnya saudari Syamsiar Syam alias Manohara kami ditetapkan sebagai tersangka atas perkara tindak pidana pencemaran nama baik sebagaimana dimaksudkan dalam rumusan Pasal 45 ayat (1) Jo pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo pasal 310 dan 311 ayat (2) KUH Pidana,” ungkap Kasat Reskrim Polres Palopo AKP Ardhy Yusuf, SE. S.I.K kepada sejumlah wartawan, Sabtu (10/2).

Kata dia,  tersangka Syamsiar kini ditahan di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II A Palopo terhitung sejak Kamis (8/2).

“Yang bersangkutan telah ditahan dan dibawa ke Lapas Kelas II A Palopo,” imbuhnya.

Lanjutnya, proses pelimpahan berkas sekaligus penahanan terhadap tersangka dipimpin langsung olehnya bersama Kasi Pidum Kejari Palopo.

Puluhan jurnalis lintas media juga turut mendampingi Syamsiar dalam proses tersebut.

Untuk diketahui, Syamsiar yang berprofesi sebagai wartawati sekaligus pemilik salah satu media, dituding telah menuliskan beberapa kalimat yang mengandung kebencian dan pencemaran nama baik terhadap salah satu ASN yang berdinas di Pemkot Palopo di akun media sosialnya sekitar bulan September 2016 lalu.

Tulisannya tersebut berbuntut panjang usai Yunus, yang termaktub dalam tulisan tersebut merasa keberatan dan melaporkan Syamsiar ke pihak Polres Palopo.

(Ronal Fajar)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *