Diklat Karyawan, DPK Lombok Barat Gelar Simulasi

Diklat Karyawan, DPK Lombok Barat Gelar Simulasi

Para peserta saat simulasi┬ápemadaman api dan penggunaan alat pemadam,” Rabu (11/7).

Lombok Barat, NewsMetropol – Usai pembekalan materi dan teori, Dinas Pemadam Kebakaran (DPK) Lombok Barat (Lobar) melanjutkan pelatihan dengan menggelar simulasi pemadaman kebakaran kepada peserta pelatihan karyawan PT Indonesia Power UJP PLTU Jeranjang Simulasi yang dilakukan di depan halaman Kantor DPK Lobar, Rabu (11/7).

Dalam simulasi, para peserta melakukan praktik lapangan bagaimana memadamkan api serta pemahaman dalam menggunakan alat pemadam.

Pemadaman dilakukan mulai dari pemadaman api secara tradisional, api yang berada di drum dijinakan dengan penutupan api menggunakan karung gumi kemudian penyiraman menggunakan pasir apabila terjadi minyak yang tercecer.

Kemudian Pemadaman api secara modern menggunakan Apar (Alat Pemadaman Api Ringan) dan pemadaman api menggunakan mobil operasional.

“Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para karyawan agar lebih memahami terkait pencegahaan jika terjadi musibah kebakaran. Hal ini dipandang perlu sehingga para karyawan seminimal mungkin dapat melakukan tindakan dalam situasi serta kondisi ketika ada musibah tersebut,” ujar Lalu Adi Wijaya Kepala Bidang Pengendalian Operasi, Pemadaman dan Penyelamatan DPK Lobar.

Menurut salah seorang peserta pelatihan PLTU Jeranjang Bagus Surya, bahwa pelatihan semacam ini sangat penting dan harus dikuasai para karyawan.

“Kegiatan pelatihan ini perlu sekali, sehingga jika ada musibah karyawan tidak panik dalam mengatasi kondisi tersebut. Minimal dengan simulasi ini karyawan paham akan pencegahan dan mengatasi jika ada musibah kebakaran terjadi,” ungkapnya.

Pihak DPK Lobar menyambut baik kegiatan simulasi bersama ini, dan berharap akan memotivasi perusahaan lain untuk melakukan kegiatan serupa agar musibah kebakaran minimal dapat di cegah sedini mungkin.

(Rahmat)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *