Dinas Kesehatan Lantamal IX Gelar Ceramah Kesehatan

Dinas Kesehatan Lantamal IX Gelar Ceramah Kesehatan

Kegiatan Ceramah Kesehatan yang digelar oleh Dinas Kesehatan Lantamal IX, di Gedung Manggala Loka Lantamal IX  Rabu, (6/12).

Ambon, Metropol – Dalam rangka Hari Armada tahun 2017 Lantamal IX Ambon melalui Dinas Kesehatan Lantamal IX, menggelar Ceramah Kesehatan di Gedung Manggala Loka Lantamal IX  Rabu, (6/12).

Acara Ceramah Kesehatan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Lantamal IX Mayor Laut (K) Mukhsin, S.Km, M. Epit.

Mayor Mukhsin mengatakan, melalui kegiatan ceramah kesehatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru tentang pegertian penyakit gula darah bagi seluruh para peserta.

Sementara itu, dengan materi cegah dan deteksi dini penyakit gula darah (Diabetes Melitus), Lettu Laut (K) dr. Irwansyah menerangkan bahwa, diabetes melitus adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah akibat gangguan sekresi insulin.

Kata dia, diabetes melitus disebut juga penyakit kencing manis dimana definisi kencing manis tersebut adalah penyakit yang menyebabkan air kencing yang diproduksi bercampur zat gula.

Lanjutnya, adanya kadar gula yang tinggi dalam air kencing dapat menjadi tanda-tanda gejala awal penyakit diabetes melitus.

dr. Irwansyah, juga menyampaikan bahwa, cara mencegah penyakit kencing manis dapat dilakukan dengan menghindari berbagai jenis makanan yang mengandung glukosa atau makanan olahan tinggi glukosa dan rajin berolah raga serta melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit/hari.

Selain itu kata dia, mengontrol berat badan untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes melitus dan senantiasa melakukan pengecekan kadar gula darah untuk mengetahui berapa tinggi glukosa dalam darah.

“Sedangkan untuk mereka yang sudah terkena penyakit diabetes melitus, lakukan pola hidup sehat, jaga asupan kalori dan batasi jumlah porsi makanan,” terangnya.

Turut hadir dalam ceramah kesehatan tersebut, seluruh Kasatker jajaran Lantamal IX, Perwira Staf Lantamal IX, Para Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Lantamal IX Ambon.

(M. Daksan/Dispen Lantamal IX)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *