Disdik Akan Seleksi Guru Berprestasi

Sidrap, Metropol - Dinas Pendidikan (Disdik) Sidrap akan menyeleksi guru-guru berprestasi. Nantinya, guru yang lolos seleksi itu akan ditempatkan di SMA Negeri 2 Pangsid.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Sidrap, Ruslan, mengatakan, pemerintah daerah berniat menjadikan SMAN 2 Pangsid sebagai sekolah unggulan. “Kita mau Sidrap juga miliki sekolah ternama,” ujar Ruslan, Kamis, 5 Februari.

Pemerintah daerah, papar Ruslan, telah menyiapkan bangunan baru disertai fasilitas lengkap untuk SMAN 2 Pangsid. Lokasinya terletak di sekitar kantor SKPD, Kelurahan Arawa, Kecamatan Watang Pulu, Sidrap.

Adanya rencana menyulap SMAN 2 Sidrap itu sebagai sekolah unggulan itu, kata Ruslan, dengan melihat banyaknya warga Sidrap setiap tahunnya berlomba-lomba mencari sekolah unggulan setingkat SMA di luar daerah.

“Kenapa begitu, sebab di Sidrap memang belum ada SMA unggulan seperti yang ada di daerah-daerah lainnya. Nah, agar sekolah itu benar-benar unggul, maka saya telah perintah disdik untuk menata SMA 2 Sidrap itu,” aku Ruslan.

Kepala Disdik Sidrap, Nur Kenaah, mengatakan, proses seleksi guru-guru berprestasi itu akan dilaksanakan sebelum tahun ajaran baru, juga, seleksi itu terbuka untuk semua guru berprestasi, baik yang ada di Sidrap maupun dari luar.

“Pokoknya kita akan seleksi semuanya. Nantinya kita akan rekrut guru dari semua mata pelajaran yang benar-benar layak untuk mengajar disana. Bahkan jika perlu, siswa yang masuk nanti juga akan dileksi,” kata Nur Kenaah.

Ketua PGRI Sidrap, Muslimin mengpresiasi rencana itu. Untuk menghasilkan guru siap pakai, ia menyarankan agar proses seleksi dilakukan tim independen. Selain itu, Muslimin mengusulkan agar guru-guru yang nantinya mengajar disana, diberi pendapatan tambahan.

“Fenomena sekarang, tidak sedikit guru yang seharusnya konsen mengajar disatu sekolah, justru masih mencari jam pelajaran di sekolah-sekolah lain, kenapa?, karena mereka mencari pendapatan tambahan akibat tingginya kebutuhan mereka,” ujar Muslimin. (Umar Lau)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *