Donggala Akan Dipenuhi Pohon Manohara

Donggala Akan Dipenuhi Pohon Manohara

Donggala, Metropol – Pemerintah Kabupaten Donggala memprogramkan tahun 2016 ini, untuk melakukan penghijauan tanaman kayu-kayuan yang diberi nama pohon Manohara sebagai pengganti tanaman pohon pelindung Trambesi.

Rencana ini seiring dengan rencana Bupati Donggala, Drs. Kasman Lassa, SH menghijaukan Kabupaten Donggala menuju kota wisata.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Donggala, Anhar, S.Hut, M.Si melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Hutan, Ir. R.M. Zulkifli Aly, MT mengatakan, “sebagai tahap awal Bupati Donggala menyerukan Dinas Kehutanan dan Perkebunan untuk melakukan pembibitan pohon Manohara sebanyak 2.000 pohon untuk ditanam di kota Donggala”.

Zulkifli menjelaskan, pohon Manohara adalah pohon jenis kayu-kayuan yang tidak tergolong sebagai tanaman besar dibanding pohon jenis trambesi. Akarnya pun tidak merusak bahu jalan atau bangunan yang ada di sekitarnya, bentuknya seperti payung dengan ketinggian sekira empat meter.

“Pohon Manohara ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman penghijauan di Sulawesi Tengah karena daerah kitaberiklim panas. Olehnya itu Bupati Donggala melirik tanaman ini sebagai tanaman pelindung di Donggala,” ucap Kabid Pembinaan Hutan, di Donggala, Rabu (15/6).

Zulkifli juga mengatakan, pohon Manohara ini berasal dari negeri Malaysia yang sebelumnya bernama pohon Mahatir, karena keindahnya sehingga masyarakat Donggala yang bekerja di Malaysia membawa bibitnya untuk di tanam. “Namun, dalam perkembangannya pohon Manohara ini banyak diminati oleh masyarakat sehingga pemerintah Kabupaten Donggala mulai menumbuh kembangkan melalui pembibitan di Dinas Kehutanan dan Perkebunan,” jelasnya.

(Robby/*)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *