Exportir Akui Kehadiran PT Sempurna Sejahtera Dongkrak Harga BTS

Exportir Akui Kehadiran PT Sempurna Sejahtera Dongkrak Harga BTS

Kelapa sawit milik warga Indonesia di Pulau Sebatik.

Nunukan, Metropol – Exportir kelapa sawit mengakui kehadiran PT Sempurna Sejahtera di Pulau Sebatik mendongkrak nilai jual BTS (Buah Tandan Segar) di Tawau Malaysia.

“Alhamdulillah Pak sekarang harga sawit di sebelah (Tawau red) sudah naik,” ujar Ahmad salah seorang eksportir asal Sei Pancang, Pulau Sebatik kepada Metropol, Selasa (25/4) kemarin.

Kata Ahmad, harga BTS di Tawau saat ini telah mencapai RM 400 atau sekira Rp. 1.200.000,- dari sebelumnya hanya mencapai RM 200 atau sekira Rp. 600.000,-.

“Kalau dia tidak naikan harga dia tidak dapat sawit dari sini,” katanya.

Lanjut Ahmad, sebelum PT Sempurna Sejahtera beroperasi, Pabrik Kelapa Sawit asal Malaysia kerap mempermainkan harga BTS miliknya.

“Semaunya dia naikan dan turunkan harganya,” katanya lagi.

Perilaku pabrik kelapa sawit asal Malaysia itu berlangsung lama sejak tanaman Kelapa Sawit menjadi salah satu komoditi andalan warga Indonesia di Pulau Sebatik.

“Harga sekarang ini bersaing, sejak pabrik di Bambangan (PT Sempurna Sejahtera red) beroperasi sejak tahun lalu,” terangnya.

Dia juga menuturkan, selama PT SS beroperasi volume BTS yang dikirimnya ke Malaysia berkurang drastis.

“Kalau dulu, setiap hari bisa kirim 7 sampai 10 kapal, tetapi sekarang hanya bisa 3 sampai 4 kapal,” imbuhnya.

Dia menambahkan, kehadiran PT Sempurna Sejahtera di Pulau Sebatik yang notabene Perusahaan berbendera Indonesia telah memberikan energi baru bagi Petani Sawit di Pulau Sebatik.

“Saat ini petani sudah memiliki pilihan untuk menjual sawitnya. Mau dijual ke PT Sempurna atau mau dijual kepada eksportir,” pungkasnya.

(Tim Metropol)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *