Falsafah “Nene Mallomo” Diharapkan Menjadi Prinsip Hidup Warga Sidrap

Falsafah “Nene Mallomo” Diharapkan Menjadi Prinsip Hidup Warga Sidrap

Ketua Umum PB Kebugis Irjen Pol (Purn) Said Saile saat memberikan sambutan pada acara Tudang Sipulung II Kebugis di Aula SKPD Pemkab Sidrap, Kamis (29/6).

Sidrap, Metropol – Pengurus Besar (PB) Kerukunan Keluarga Bugis Sidrap (Kebugis) menggelar Tudang Sipulung II di Aula SKPD Pemkab Sidrap, Watang Pulu, Sidrap, Kamis (29/6).

Ratusan perantau dan pengusaha asal Kabupaten Sidrap, turut hadir dalam kegiatan yang diinisiasi oleh PB Kebugis dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidrap tersebut.

Kegiatan Tudang Sipulung II yang juga dihadiri oleh para Tokoh Sidrap itu mengusung tema “Pulang Kampung Mempererat Silaturahim dan Menghidupkan Kembali Spirit Dagang di Bumi Nene Malloma”.

Ketua Umum PB Kebugis Irjen Pol (Purn) Said Saile, mengatakan, acara tersebut sengaja digagas sebagai ajang silaturahmi sesama perantau asal Sidrap.

“Kita inginkan Kebugis bisa terus bersinergi dengan Pemkab Sidrap membangun daerah kita tercinta,” kata Said Saile dalam sambutannya.

TS foto 2

Sekda Pemkab Sidrap, Sudirman Bungi dalam acara Tudang Sipulung II Kebugis di Aula SKPD Pemkab Sidrap, Kamis (29/6).

Senada dengan itu, Sekda Pemkab Sidrap, Sudirman Bungi yang mewakili Bupati Sidrap H Rusdi Masse, berharap Kebugis bisa menjadi wadah pemersatu perantau Sidrap.

“Semoga Kebugis bisa jadi rumah para perantau, untuk berkontribusi bagi kemajuan Sidrap,” katanya.

Kata Sudirman, Pemerintah Daerah Sidrap memiliki komitmen untuk memfasilitasi warga Sidrap yang hidup di perantauan, dan menjadikan momentum Idul Fitri sebagai ajang bersilaturahim antar perantau dan sekaligus dengan pemerintah daerah.

“Yang hadir ini dari semua kalangan dan profesi dari segala penjuru ditanah air, seperti dari Papua dan Kalimantan,” imbuhnya.

Sedangkan Ketua Dewan Pembina PB Kebugis, HM Alwi Hamu yang menghadiri acara berharap ada terobosan baru yang lahir dari acara sakral itu.

“Acara Tudang Sipulung Kebugis ini tempat berkumpulnya para saudagar sukses asal Sidrap dari berbagai penjuru di tanah air. Ini diharapkan ada sesuatu yang baru dan luar biasa untuk kemajuan Sidrap,” ujar Alwi yang juga putra Sidrap itu.

Sementara itu, H. Dasril Sahari putra Sidrap yang merupakan salah satu pengusaha sukses di Provinsi Papua menuturkan, kesusksesan dirinya di perantuan karena memegang teguh prinsip Nene Mallomo.

TS foto 1

Ketua Umum HIPMI Papua, H. Dasril Sahari, Ketua Umum PB Kebugis Irjen Pol (Purn) Said Saile, Sekjen PB Kebugis Saleh Mude, dan Sekda Pemkab Sidrap, Sudirman Bungi.

“Falsafah hidup Nene Mallomo, Resopa Temmangingngi Namalomo Naletei Pammase Dewata berperan besar dalam perjalanan hidup saya,” imbuhnya.

Dasril berharap, falsafah Nene Mallomo terus digaungkan dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari karena memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang tinggi.

Pantauan Metropol, kegiatan Tudang Sipulung tersebut dihadiri oleh Kapolres Sidrap AKBP Witarsa Aji, Dandim 1420/Sidrap Letkol Inf Eko Paskah, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sidrap, A.M Yusuf Ruby, SE, dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Sidrap.

(Umar Lau)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *