FP3I Dukung Berkembangnya Pers Sehat

FP3I Dukung Berkembangnya Pers Sehat

Ketua Umum FP3I Muhammad Harun (Foto/Istmw).

Jakarta, Metropol – Forum Pengembangan Pewarta Profesional Indonesia (FP3I) mendukung tumbuh dan berkembangnya pers sehat di tanah air.

Kepada Metropol, Ketua Umum FP3I Muhammad Harun menilai himbauan PWI dan Dewan Pers agar pers yang sehat terus tumbuh dan berkembang di tanah air adalah hal yang tepat.

“Sudah tepat ikhtiar itu dimulai dari adanya uji kompetensi wartawan dan penguatan Institusi atau perusahaan yang menaungi media,” ujar Harun kepada Metropol, Jumat (26/5).

Menurut Harun, percepatan uji kompetensi bagi wartawan dan perusahaan atau institusi media  akan memacu pers Indonesia sehinnga dapat bersaing dengan media asing.

Dia juga mengatakan, kemajuan teknologi informasi yang ditandai dengan pesatnya perkembangan informasi melalui media sosial dewasa ini telah memicu menjamurnya profesi wartawan dadakan sehingga kalau kondisi tersebut lamban disikapi oleh jurnalis profesional maka informasi akan dikuasai oleh medsos yang nota bene informasinya tidak aktual, tidak faktual bahkan terkadang hoax karena bukan karya wartawan profesional.

“Sehingga profesionalisme pers dan media kita akan mengalami tantangan berat di masa depan. Ini tanggungjawab kita semua. Sebab itu kompleksitas persoalan pers dan media kita perlu dipecahkan oleh semua pemangku kepentingan di negeri ini,” pungkasnya.

(Fri/Barly)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *