Gubernur Jatim Bahas E-Budgeting Kedepan Pemkot Batu

Gubernur Jatim Bahas E-Budgeting Kedepan Pemkot Batu

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Batu, NewsMetropol – Gubernur Jawa Timur, Soekarwo mengukuhkan Walikota dan Wakil Walikota Batu, di gedung DPRD Kota Batu dalam agenda rapat paripurna istimewa, Senin (8/1).

Dalam rangkaian acara, Gubernur Sukarwo menyampaikan topik  implementasi E-Budgeting. Dia menjelaskan, E-Budgeting adalah sistem keuangan yang disimpan secara online dengan tujuan transparansi, sehingga semua orang bisa mengakses data anggaran yang disusun pemerintah daerah.

“Artinya, sistem ini dimaksudkan mencegah penggelapan dana dan kecurangan Birokrasi,” katanya.

Oleh karena itu, dirinya mengharapkan dengan kepemimpinan Dewanti-Punjul, maka sistem E-Budgeting bisa dilaksanakan,seperti halnya Kepala Daerah Lain di JawaTimur.

Gubernur Jatim yang biasa disapa Pakde Karwo juga menjelaskan kepada awak media bahwa sistem E- Budgeting memiliki keunggulan dibanding dokumentasi keuangan secara konvensional.

Sistem Konvesional biasanya menggunakan Aplikasi Excel, dalam kurun waktu tertentu, pencatatan dana bisa diakali sampai terjadi pembengkakan dana di keuangan Pemerintah.

Sedangkan sistem E – Budgeting tidak  bisa dimanipulasi, karena data input  tidak bisa diutak atik dan telah tersebar ke publik.

Lebih lanjut, orang nomor 1 di Jawa Timur  sekaligus politisi dari Partai Demokrat itu menegaskan, bahwa pedoman penerapan E – Budgeting berdasarkan Permendagri nomor 13 tahun 2006.

Didalamnya diatur prinsip Informasi keterbukaan keuangan. Maka dari itu melalui sistem jaringan terpadu, Pemerintah bisa mengendalikan dan mengevaluasi secara langsung,warga juga bisa berperan aktif mengawal data yang tersimpan secara online.

Intinya, kata Sukarwo, transparansi publik merupakan kewajiban Pemerintah dalam mencegah kecurangan dalam pengelolaan APBD, Warga juga bisa melayangkan keluhan jika mencurigai data yang tidak semestinya, termasuk memastikan apakah dana pajak yang telah dibayarkan sudah digunakan sebagaimana mestinya.

(Yud/Rin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *