Hadapi Tahun Politik 2018, IAIN Kendari Dorong Politik Beretika dan Bermartabat

Hadapi Tahun Politik 2018, IAIN Kendari Dorong Politik Beretika dan Bermartabat

Diskusi public yang digelar oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, di Auditorium IAIN Kendari, Kamis (28/12).

Kendari, Metropol – Menghadapi tahun politik pada 2018 mendatang, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menggelar diskusi publik bertemakan Meneguhkan Spirit Ukhuwah dengan Menjunjung Tinggi Etika Politik dalam Membangun Sultra yang Maju dan Bermartabat.

Bertempat di Auditorium IAIN Kendari, diskusi publik ini digelar pada Kamis pagi (28/12) dengan menghadirkan nara sumber di antaranya Sekda Pemprov Sultra Lukman Abunawas, Kabinda Sultra Brigjen Andi Sumangerukka SIP, Kasrem 143/HO, Letkol Kav Agus Waluyo SIP, Kasubdit III Ditintelkam Polda Sultra AKBP Eddy Mussupriyanto, SE, MAP., Ketua Komisi Ukhuwah MUI Sultra Drs. KH Riyha Madi, Rektor IAIN Kendari Dr H. Nur Alim, M.Pd.

Rektor IAIN Kendari, Dr. Nur Alim dalam sambutannya mengatakan heterogenitas bangsa Indonesia sepatutnya harus kita syukuri. Heterogenitas tidak sepatutnya dijadikan masalah.

”Perbedaan itu adalah keniscayaan, namun tak boleh menjadi perpecahan. Sebab jika perbedaan itu tidak ada, negeri kita tak mungkin menjadi seindah ini. Perbedaan harus menjadi kekuatan baru dalam membangun bangsa dan negara,” ucap Nur Alim.

Dirinya juga mengajak masyarakat untuk tidak menjadikan perbedaan sebagai masalah yang dapat berujung pada perpecahan.

“Tahun depan kita menghadapi tahun politik. Jika para tokoh politik bisa membangun ukhwah, hal tersebut bisa menyejukkan masyarakat di akar rumput,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Sultra Lukman Abunawas mengatakan sebagai bangsa Indonesia kita harus selalu patuh kepada Pancasila dan UUD 1945.

“Sultra memiliki potensi di berbagai sektor dan sektor itu dapat dimanfaatkan secara maksimal jika kita menjaga spirit ukhuwah kita sesama anak bangsa. Seluruh komponen bangsa di Sulawesi Tenggara harus patuh kepada Pancasila dan UUD 1945,” ucap Lukman.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 500 orang peserta yang terdiri dari Pimpinan IAIN Kendari, dosen, staf , dan mahasiswa, serta pimpinan media massa yang ada di Kota Kendari.

(Ronal Fajar)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *