Harumkan Nama Lumajang, Pocil Polres Lumajang Rebut Juara Umum Tingkat Provinsi Jatim

Harumkan Nama Lumajang, Pocil Polres Lumajang Rebut Juara Umum Tingkat Provinsi Jatim

Polisi Cilik dalam acara lomba baris berbaris Tingkat Polda Jawa Timur, Rabu (18/9).

Surabaya, NewsMetropol – Polisi Cilik (Pocil) Polres Lumajang berhasil menyabet juara 1 lomba baris berbaris Tingkat Polda Jawa Timur, Rabu (18/9).

Lomba yang diselenggarakan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Timur tersebut diselenggarakan selama dua hari yakni mulai tanggal 17 sampai 18 Semptember 2019 dalam rangka memperingati Hari jadi Lalu Lintas Bhayangkara ke 64.

Ke 31 anak pilihan asli Kabupaten Lumajang tersebut berhasil mengalahkan 38 kontestan Pocil pengiriman dari Polres lain se Polda Jatim.

Dalam lomba tersebut, ada beberapa hal yang masuk penilaian, diantaranya adalah 12 gerakan lalu lintas di tempat, 12 gerakan pengaturan lalu lintas berjalan dimodifikasi lagu serta tari daerah asal.

Selain itu kerapian, kekompakan serta ketepatan waktu (15-20 menit) juga menjadi pertimbangan dalam penilaian oleh dewan juri.

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengatakan mengapresiasi capaian prestasi tersebut.

“Saya sangat bangga dengan prestasi yang diukir oleh anak anak Pocil Polres Lumajang ini. Terlihat kekompakan pocil lumajang sangat luar biasa. Gerakan-gerakan mereka sangat kompak dan disiplin,” ujar Arsal, pada Kamis (19/9).

Lanjutnya, pendidikan Polisi Cilik di Lumajang tergolong unik, karena karakter-karakter tersebut dilatihkan dalam kegiatan sehari-hari mereka.

“Tujuan Pocil dibentuk adalah untuk membangun Karakter anak-anak sejak usia dini. Karakter yang dibangun adalah karakter kedisiplinannya, Karakter Etikanya dan Karakter Moralnya.  saat mereka latihan harus disiplin, saat mereka makan juga harus disiplin, saat membuang sampah bekas makannyapun harus disiplin dan dibuang pada tempatnya, itupun harus dalam kondisi rapih, tidak boleh ada sampah yang tercecer,” terang Arsal.

Dia menambahkan bahwa peserta Polisi Cilik diambil dari kelas 3 dan kelas 4 Sekolah Dasar dengan prestasi ranking 1-10 di sekolah masing-masing.

“Mereka akan terus kami didik karena akan mewakili Jawa Timur di pentas nasional. Untuk agenda terdekat para pocil kami adalah pada tanggal 22 September 2019 di Makodam 5 Brawijaya,” jelasnya.

(Red)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *