Januari Hingga Agustus 2019 Polda NTB Berhasil Amankan 609 Tersangka 3C

Januari Hingga Agustus 2019 Polda NTB Berhasil Amankan 609 Tersangka 3C

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS.,MM., didampingi Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol H. Purnama, saat menunjukkan barang bukti pada acara konfrensi pers yang digelar di Mapolda NTB, Senin (9/9).

Mataram, NewsMetropol – 609 orang tersangka kasus 3C (Curat, Curas dan Curanmor) berhasil diamankan Polda NTB dan Polres jajaran selama bulan Januari sampai dengan Agustus 2019.

Hal tersebut disampaikan langsung Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS.,MM., didampingi Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol H. Purnama, dalam konfrensi Pers di depan halaman Polda NTB, Senin (9/9).

Selain mengamankan tersangka, pihaknya juga mengamankan satu unit kendaraan R6, 17 unit R4, 363 unit R2, 15 unit sepeda, 301 unit barang elektronik, delapan unit kunci T, 11 ekor ternak, satu pucuk senpi, tujuh buah sajam, 5.100 gram emas dan 83 barang bukti lainnya.

Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana AS.,MM., mengatakan, pihaknya menangani 1.620 kasus dan berhasil mengamankan 609 orang tersangka dan menyita 807 barang bukti.

Dari kasus tersebut, kata Kapolda para tersangka yang dominan adalah residivis dan pecandu narkoba, mereka melakukan kejahatannya dengan berbagai modus konvensional.

“Modus operandi yang sering digunakan oleh para tersangka kebanyakan menggunakan kunci T, menghadang korban di lokasi tempat sepi, merampas, merusak pintu atau jendela rumah korban,” ujarnaya.

Lanjutnya, untuk lokasi kejahatan, mereka beraksi kebanyakan di perumahan dan tempat kos-kosan,

“Sedangkan waktu beraksinya lebih sering pada saat sepi sekitar pukul 18.30 Wita sampai dengan 19.00 Wita disaat warga melaksanakan sholat dan pukul 01.00 sampai dengan 04.00 Wita dini hari disaat warga sedang istirahat tidur,” ujar Kapolda NTB.

Kapolda NTB juga berpesan kepada masyarakat NTB agar tidak membeli kendaraan tanpa surat-surat yang syah. “Dan bagi yang merasa kehilangan kendaraannya baik roda empat, roda dua dan lainnya, bisa di ambil di Polda NTB dengan membawa bukti kepemilikan,” tandasnya.

(Rahmat)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *