Jawara Tingkat Provinsi, SMPN 1 Tomoni Wakili Sulsel di Level Nasional

Jawara Tingkat Provinsi, SMPN 1 Tomoni Wakili Sulsel di Level Nasional

Tim Juri Nasional mengunjungi SMPN 1 Tomoni, Kabupaten Luwu Timur.

Luwu Timur, Metropol – Setelah menjadi juara di Tingkat Provinsi, SMP Negeri 1 Tomoni Kabupaten Luwu Timur akhirnya maju ke Tingkat Nasional. SMP kebanggaan Kabupaten Luwu Timur ini mewakili Provinsi Sulawesi Selatan untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2017.

Oleh karenanya, Tim Penilai yang merupakan Tim Juri Nasional mengunjungi SMPN 1 Tomoni pada Rabu (26/4). Tim Juri Nasional tersebut terdiri dari unsur Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri.

Ketua Tim Juri,  Dr. Muhclis Catio , M.Pd mengatakan, maksud kedatangan Tim Juri ke SMP N 1 Tomoni bukan untuk mengoreksi kebersihan lingkungan sekolah, namun lebih menitikberatkan pada dampak dari lomba yang diselenggarakan yakni lebih optimalnya fungsi dan keberadaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

“Lomba ini bukan tujuan akhir, tapi tujuan antara untuk membangun karakter, prilaku untuk slalu memberi manfaat dan dampak yang ditimbulkan dari lomba ini, yakni terwujudnya sekolah yang sehat,” kata Muhclis Catio.

Muhclis Catio juga menambahkan, penilaian tidak hanya dilakukan terhadap sekolah saja, tetapi juga terhadap Tim Pembina UKS di Tingkat Kabupaten dan Kecamatan.

“Untuk melihat kegiatan pembinaan yang telah dilakukan terhadap sekolah di wilayah kerjanya. Dalam hal ini, Puskesmas sebagai Tim Pembina UKS tingkat Kecamatan berperan sangat penting untuk menciptakan sekolah sehat,” katanya lagi.

Sementara itu, Wakil Bupati Irwan Bachri Syam yang selaku Ketua LSS-UKS Lutim dalam sambutannya mengatakan ada dua sekolah yang dinilai Tim Penilai dari pusat yakni SMP N 1 Tomoni dan SDN 227 Puncak.

Kata dia, kedua sekolah  ini sebelumnya  berhasil tampil sebagai juara pada ajang LSS-UKS di tingkat Provinsi beberapa waktu lalu di Makassar.

“Alhamdulilah, berkat kerja keras semua pihak kita bisa mewakili Sulsel ke ajang tingkat nasional,” ujar Irwan Bachri Syam.

Wakil Bupati Lutim ini juga meminta doa dan dukungan kepada seluruh masyarakat Lutim, agar nantinya dalam lomba di tingkat nasional, Lutim bisa kembali mendapatkan juara dan membawa nama harum Bumi Batara Guru. Dan bisa tampil di Istana Negara pada Agustus nanti.

Dalam kesempatan yang sama, Drs. Samsul Hadi, Kepala sekolah SMP N 1 Tomoni, berharap agar sekolah yang dipimpinnya bisa terpilih sebagai Juara 1 Lomba Sekolah Sehat UKS Tingkat Nasional.

“Kondisi yang ada sekarang ini sudah menjadi culture, merupakan suatu budaya hidup sehat yang biasa dilakukan setiap hari, sehingga kami berharap SMP N 1 Tomoni dapat terpilih menjadi juara,” kata Samsul Hadi.

Samsul Hadi menambahkan guna menciptakan sekolah yang sehat di SMP N 1 Tomoni, pihaknya dan Komite Sekolah telah melaksanakan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat.

“SMP N 1 Tomoni ini juga memiliki ruang UKS Yang nyaman, Kantin Kejujuran terbuka, Toilet kejujuran, green House, dan tanaman Herbal serta sarana penunjang lainya,” jelasnya.

Amatan Metropol, selain Tim Pendamping Privinsi, nampak mendampingi Tim Juri Nasional antara lain, Wakil Bupati Irwan Bachri Syam, Kepala Dinas Pendidikan Drs. La Besse, Kabag Kesra A.Asma Sari, Camat Tomoni Sri Mulyani, Ketua Komite H.Haruna Rifai, dan Kepala Sekolah Mangkutana Adam Malik S.Pd.

(A. Ade/Lily)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *