Jelang Idul Fitri, BPTD Wilayah XII Provinsi Bali – NTB Lakukan Ram Cek Kendaraan

Jelang Idul Fitri, BPTD Wilayah XII Provinsi Bali – NTB Lakukan Ram Cek Kendaraan

PPNS Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali – NTB BPTD saat melakukan Ram Cek Kendaraan.

Mataram, NewsMetropol – Balai Pengelola Transportasi Darat Kementerian Perhubungan melakukan ram cek (pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat) kendaraan pada 15 unit bus AKAP dan AKDP yang berada di Terminal Mandalika, Cakranegara,.Jumat (8/6).

PPNS Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XII Bali – NTB Achmad Erwin Rahadi, SH., sebagai Penyidik Pegawai Negeri Sipil Bidang LLAJ mengungkapkan bahwa ram cek dilakukan untuk memastikan keamanan bagi warga yang akan melakukan mudik lebaran.

“Ini kita lakukan guna memastikan keamanan bagi masyarakat. Niatnya kan ingin mudik, jadi jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” ungkap Erwin Rahadi seusai melakukan ram cek.

Erwin Rahadi menerangkan bahwa saat ini baru 15 bus yang terdiri dari 6 bus AKAP dan 9 bus AKDP yang di periksa dan dinyatakan laik jalan serta di pasangain stiker laik jalan.

“Saat ini hanya 15 bus yang laik jalan dan sudah kita tempel stiker. Stiker itu menandakan bahwa mobil tersebut memang sudah dilakukan pemeriksaan dan dipastikan aman dari hal berbau teknis,” terangnya.

Erwin Rahadi memaparkan bahwa kendaraan yang tidak laik jalan dikarenakan ban gundul, lampu sen mati, dan juga yang lampu remnya mati.

“Bahkan ada buku KIR yang tidak sesuai dengan alamat domisili,” imbuhnya.

Diketahui, BPTD Wilayah XII Provinsi Bali – NTB akan memberikan kesempatan kepada pemilik kendaraan roda 4 (bus) untuk melengkapi syarat agar kendaraan tersebut dinyatakan laik jalan saat mudik lebaran.

Rencananya Dishub akan kembali melakukan ram cek kendaraan dalam beberapa hari kedepan.

Pengendara yang terkena tilangpun kata dia, tidak harus menunggu lama untuk membayar denda karena BPTD menerapkan E-Tilang bagi pelanggar.

“Penerapan E-Tilang di respon positif oleh masyarakat. Disamping itu tujuan tilang ini adalah untuk memerikan efek jera bagi pelanggar,” tutupnya.

(Amrin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *