Kamis Sore di Masjidil Nabawi

Kamis Sore di Masjidil Nabawi

Oleh : Muhammad Saleh.

Madinah, Metropol – Salah satu fenomena menarik dalam ritual berhaji adalah buka puasa sunat bersama.

Sebagaimana yang terjadi pada Kamis 24/8) sore di dalam Masjidil Nabawi di Kota Madinah oleh sebagian jamaah haji tahun 2017 dari seluruh penjuru dunia Islam.

Terlihat berbagai kelompok kecil menggelar tikar plastik tipis yang di atasnya diletakkan beberapa kurma di dalam piring kecil, deretan gelas plastik yang berisi air zamzam, roti kebab dan yoghurt sembari menunggu suara adzan Magrib.

Kamis Sore di Masjidil Nabawi

Tampak Jamaah Haji Tahun 2017 dari berbagai negara menggelar tikar plastik tipis yang di atasnya diletakkan beberapa kurma di dalam piring kecil.

Ketika Adzan Magrib berkumandang kami (M. Saleh Mude dan Haminuddin Muhammad dari jemaah VIP PT Dua Ribu Wisata red) berbaur dan  menyatu dengan sesama jemaah yang datang dari berbagai negara dengan wajah dan corak pakaian yang berbeda namun didominasi warna putih.

Jalinan persaudaraan antar kami pun tertaut kendati berbeda negara namun kami diikat oleh ikatan syahadat Islam. Setelah berbuka, kami melanjutkan dengan shalat Magrib berjamaah.

Kendala kami untuk mempererat persaudaraan adalah faktor bahasa, karena sebagian mereka tidak dapat berbahasa Inggris dan Arab.

Mereka hanya dapat menggunakan bahasa negaranya sendiri, seperti bahasa Rusia, Kazakstan, Mongolia, Afrika dan lainnya.

Rombongan Haji VIP PT Dua Ribu Wisata pimpinan H. M. Ja’far dan Muhammad Saleh Kontributor Informasi Haji 2017 untuk Fajar.co.id dan News Metropol.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *