Kanwil Kemenag Sultra Gelar Silaturahmi Tokoh Agama Lintas Agama

Kanwil Kemenag Sultra Gelar Silaturahmi Tokoh Agama Lintas Agama

Silaturahmi tokoh agama lintas agama di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, Rabu (16/5).

Kendari, NewsMetropol – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sultra menggelar kegiatan silaturahmi tokoh agama lintas agama di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Sultra, Rabu (16/5).

Kegiatan yang mengusung tema “Memperkokoh Persatuan, Tebarkan Kedamaian” itu dihadiri oleh Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto, S.I.K., Kabinda Sultra Brigjen TNI Andi Sumangerukka, S.I.P., Karo Kesra Setda Provinsi Sultra Drs.H. Muh Arfa, M.Si.,  Danrem 143/HO Kolonel Arm. Dedi Nurhadiman, S.I.P., Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna dan Danlanud Halu Oleo Kolonel Pnb Nana Resmana, S.M..

Dalam sambutannya, Kapolda Sultra mengatakan untuk memulihkan ekses kejadian itu untuk normal seperti semula membutuhkan waktu 20 tahun.

Oleh karenanya dia berharap agar kejadian aksi teroris yang terjadi di beberapa tempat di Jawa belakang ini jangan sampai terjadi di Sultra.

Kata Kapolda, suasana yang tidak kondusif yang terjadi di Indonesia menjadi harapan bagi negara lain sehingga sangat mungkin kondisi itu diinginkan oleh negara-negara lain.

Kata dia, Indonesia yang mayoritas Islam penduduknya menjadikannya sensitif dengan kejadian-kejadian yang melibatkan umat Islam di negara lainnya.

Kapolda berharap agar masyarakat Sultra senantiasa menjaga kedamaian, dan ketertiban mengingat even besar sebentar lagi akan tiba yaitu pilkada. 2018, yang akan dilaksanakan pada bulan Juni ini.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sultra  Dr. Abdul Kadir, M.Pd yang menginisiasi Silaturahim ini mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kegiatan silaturahim guna meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan agama.

“Juga memelihara semangat kerukunan beragama antara umat beragama,” ujarnya.

Dia menambahkan guna meningkatkan semangat toleransi antar umat beragama maka pihaknya mendorong generasi muda untuk lebih dekat dengan kitab suci dan rumah ibadahnya.

“Selain itu menanamkan nilai-nilai kearifan lokal kepada anak dan keluarga,” himbaunya.

Sedangkan Danrem 143/HO, Kolonel Arm. Dedi Nurhadiman mengatakan kejadian aksi teroris di Mako Brimob dan pengeboman 3 gereja di Jawa Timur merupakan aksi brutal dan yang tidak berprikemanusiaan.

Danrem mengingatkan masyarakat Sultra untuk senantiasa mewaspadai segala bentuk kegiatan yang terkait teroris.

“Media massa memiliki peran penting bagi tumbuhnya faham radikalisme dan terorisme oleh karena itu saya menghimbau agar masyarakat menghindari ujaran kebencian apalagi yang berbau SARA,” ujarnya.

Danrem juga mengajak masyarakat bersama-sama untuk melawan faham radikalisme dan terorisme.

Senada dengan itu Kabinda Sultra Brigjen TNI Andi Sumangerukka, S.I.P., mengatakan aksi teroris yang terjadi saat ini merupakan rangkaian serangan ISIS di berbagai belahan dunia.

“ISIS bukanlah agama melainkan faham yang mengatasnamakan agama Islam untuk mencapai tujuan,” tuturnya.

Dia menerangkan bahwa untuk memulihkan pemahaman yang keliru terhadap kelompok yang telah berafiliasi dengan ISIS dapat dilakukan dengan cara persuasif.

“Saya menghimbau  masyarakat sultra untuk mengajak mereka kembali ke Masyarakat dengan pendekatan pribadi dan kekeluargaan,” ujarnya.

Begitupun dengan Kepala Biro Kesra Provinsi  Sultra. M. Arfah M.Si yang mengatakan mengutuk keras aksi teroris yang terjadi di Mako Brimob dan peledakan bom yang terjadi di 3 gereja di Jawa timur.

Olehnya itu dirinya mengajak seluruh unsur Forkopimda dan semua stake hllder untuk terus menjaga dan meningkatkan sinergitas antar instansi.

Selain dihadiri unsur Forkopimda, kegiatan ini juga dihadiri oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemerintah, tokoh pemuda, dan perwakilan mahasiswa dan mahasiswi yang ada di Kendari.

Kegiatan diakhiri dengan pembacaan ikrar oleh seluruh perwakilan pemuka agama.

(M. Daksan)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *