Kapolda Sultra Jadi Irup HUT Bhayangkara ke 72

Kapolda Sultra Jadi Irup HUT Bhayangkara ke 72

Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 72 dilanjutkan foto bersama Forkopimda Sultra, di Lapangan Mako Polda Sultra, Rabu (11/7).

Kendari, NewsMetropol – Kapolda Sultra Brigjen Pol Iryanto, S.I.K. memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Bhayangkara ke 72 di Lapangan Mako Polda Sultra, Rabu (11/7).

Kapolda Sultra Brigjen Pol Irianto SIK yang membacakan amanat Kapolri mengajak seluruh hadirin untuk bersyukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas karuniaNya  dapat mengikuti Upacara dan Syukuran peringatan hari Bhayangkara ke – 72.

“Dalam kesempatan yang penuh dengan kehormatan ini, marilah kita menundukan kepala sejenak untuk mengenang dan mendoakan para personel Polri yang telah gugur dalam tugas memelihara keamanan dalam negeri, khususnya dua anggota Polda Papua yakni Iptu Anumerta Jesayas Hentjie Nussy dan Bripka Anumerta Snthon Kabarek yang gugur saat melaksanakan tugas mulia  pengamanan kotak surat suara di Distrik Torere Kab. Puncak Jaya Papua tanggal 27 Juni 2018 dalam kontak senjata dengan kelompok bersenjata,” ujarnya.

Kata dia, berbagi upaya perbaikan yang dilaksanakan oleh Polri melalui program Promoter telah memberikan dampak positif yang sangat signifikan.

Lanjutnya, sebagai tindak lanjut dari program reformasi internal yang telah dilaksanakan sebelumnya, Program Promoter dibangun melalui pendekatan profesionalisme dan modernisasi guna meraih kepercayaan publik.

“Program Promoter difokuskan pada tiga kebijakan utama yang sederhana, yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan menejemen media,” ujarnya lagi.

Dia menerangkan bahwa peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayana publik, profesionalisme dalam penegakan hukum dan pemeliharaan stabilitas Kamtibmas secara optimal.

Sementara itu, perbaikan kultur kata dia, diwujudkan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif.

“Sedangkan Menejemen Media dilaksanakan pada Media konfensional dan Media sosial dengan mengangkat prestasi-prestasi Polri dan menetralisir berita negatif, termasuk hoaks,” sebutnya.

Selama dua tahun implementasi program Promoter telah menunjukkan hasil yang baik sebagaimana hasil survey yang dilaksanakan Litbang Kompas pada ahir Juni 2016 yang menunjukan bahwa tingkat kepercaya publik terhadap Polri hanya 63,2% .

Menurutnya hasil itu meningkat setelah satu tahun pelaksanaan Program Promoter, survei Populi Center pada Agustus 2017 yang menunjukan adanya perbaikan kinerja Polri , dimana 67,6% responden puas dengan kinerja Polri.

“Namun  demikian, kami menyadari sepenuhnya bahwa keberhasilan tersebut tidak akan dapat diraih tanpa adanya dukungan dari Bapak  Presiden dan Bapak wakil Presiden RI,” tegasnya.

Namun demikian Kapolri juga menyadari masih banyak kelemahan Polri dibalik capaian prestasi tersebut.

“Kedepan Polri berkomitmen untuk terus melaksanakan perbaikan agar kepercayaan masyarakat dapat terjaga dan terus meningkat, karena institusi Polri merupakan milik seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.

Nampak hadir dalam upacara tersebut antara lain Pejabat Gubernur Sulawesi Tenggara Drs. H. Teguh Setiabudi, M.Pd., Ketua DPRD Sultra Abdurahman Saleh, SH.,  Danrem 143/HO, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, S.I.P., Kajati Sultra, Azhari, SH., MH., Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol. Drs. Bambang Priyambadha, SH. Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna dan Danlanud Halu Oleo Kolonel Pnb. Nana Resmana SM.

(Bahrun)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *