Kapolres Blora Buka Kegiatan Pelatihan Fungsi Teknis Bhabinkamtibmas

Kapolres Blora Buka Kegiatan Pelatihan Fungsi Teknis Bhabinkamtibmas

Kapolres Blora, AKBP Saptono, S.I.K, M.H., saat memberikan sambutan, Kamis (17/5).

Blora, NewsMetropol – Guna meningkatkan sekaligus mengoptimalkan kinerja Bhabinkamtibmas, satuan Binmas Polres Blora melaksanakan kegiatan pembinaan dan pengarahan terhadap para anggota Bhabinkamtibmas Polsek jajaran Polres Blora.

Pembinaan tersebut juga dirangkai Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Fungsi Binmas yang dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora, Kamis (17/5).

Pelatihan diikuti oleh 230 personil Bhabinkamtibmas jajaran Polres Blora dan berlangsung hanya sehari dengan dihadiri seluruh Pejabat Utama dan Kapolsek Jajaran Polres Blora.

Kapolres Blora, AKBP Saptono, S.I.K, M.H., mengatakan, kegiatan ini bermuara pada upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia menuju Polri yang profesional, modern dan terpercaya dalam melaksanakan tugas memelihara Kamtibmas.

Dalam hal memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat, kata dia, anggota Polri harus bersikap profesional tanpa harus bersikap diskriminasi, sedangkan profesionalisme anggota Polri dapat dilihat dari hasil kerja dan perilaku petugas tersebut dalam melayani masyarakat.

Saptono juga meminta kepada anggota Bhabinkamtibmas agar bisa mengikuti pembinaan ini dengan sungguh-sungguh dan mengambil ilmu dari materi yang disampaikan narasumber.

“Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak kepolisian di tingkat Desa, sehingga diharapkan dengan diadakannya pembinaan rutin semacam ini bisa menambah ilmu dan keterampilan serta rasa kepedulian Bhabinkamtibmas terhadap desa binaanya. Bhabinkamtibmas diminta untuk berperan aktif disetiap kegiatan masyarakat desa,” ujarnya.

Menurut Saptono, dinamika situasi Kamtibmas jelang Pilkada serentak tahun 2018 dan maraknya aksi terorisme yang terjadi di berbagai wilayah.

Dia menekankan agar Bhabinkamtibmas selaku pengemban fungsi pembinaan, penyuluhan dan penggalangan harus sering menyambangi para tokoh masyarakat, agama, maupun adat di wilayah desa binaannya dengan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan bahaya paham radikalisme.

“Meskipun anggota Bhabinkamtibmas di Polres Blora tidak sebanding dengan jumlah desa yang ada, namun dengan dedikasi, loyalitas dan etos kerja yang tinggi, segala hambatan maupun tantangan pasti akan terselesaikan dengan baik,” pungkasnya.

(Sumardi)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *