Kapolri dan Panglima TNI Beserta Pejabat Negara Cek Jalur Mudik Ketiga di Ngawi

Kapolri dan Panglima TNI Beserta Pejabat Negara Cek Jalur Mudik Ketiga di Ngawi

Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D., Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P,  dan pejabat negara saat memberikan arahan di Rest Area Km. 575 Ngawi, Jawa Timur, Minggu (10/6).

Jawa Timur, NewsMetropol – Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D., beserta pejabat negara melanjutkan pengecekan jalur mudik ketiga sekaligus yang terakhir mulai pukul 14.00 di Rest Area Km. 575 Ngawi, Jawa Timur, Minggu (10/6).

Kapolri didampingi oleh Asops Kapolri, Drs. Deden Juhara, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Drs. Setyo Wasisto, S.H., serta Kakorlantas, Irjen Pol Drs. Royke Lumowa, M.M.

Pejabat Negara yang ikut serta dalam pengecekan jalur mudik antara lain Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, Ketua DPR RI H. Bambang Soesatyo, SE, MBA, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi, Menpupera Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D, Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K), Kepala Basarnas Marsdya TNI Muhammad Syaugi, S.Sos., M.M, Plt. Dirut Pertamina Ir. Nicke Widyawati, MH, Dirut Jasa Marga Desi Arryani, ST, MM, Ka BPJT Hery Trisaputra Zuna, dan Dirjen Hubdat IJP Drs. Budi Setiyadi, SH, MSi.

Setibanya di lokasi, Kapolri dan rombongan langsung melakukan peninjauan di Rest Area Km. 575 Ngawi Jawa Timur. Kapolri dan rombongan menerima paparan kesiapan pengamanan dan situasi terkini arus mudik di wilayah Jawa Timur oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Machfud Arifin, SH.

Dalam rangka pengamanan arus mudik, Polda Jawa Timur telah menyiapkan Pos Pam sebanyak 211 pos dan menyiapkan harga pangan di wilayah Jawa Timur tetap stabil.

Kapolda Jawa Timur memprediksi puncak kemacetan dari Barat ke Timur akan terjadi pada hari senin, sedangkan dari Timur ke Barat akan terjadi pada hari Selasa.

Pada acara tersebut Menteri Koordinasi Pembangunan Manusia dan Pembangunan Puan Maharani, berharap lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya akan lebih guyub rukun dan bahagia.

“Untuk anggota yang bertugas mohon jaga kesehatan agar dapat optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D., dalam arahannya berharap pengamanan lebaran pada tahun 2018, pihaknya lebih fokus pada kelancaran arus mudik dan balik,  stabilitas harga pangan, aksi terorisme dan bencana alam.

“Stabilitas harga pangan di wilayah Jawa Timur telah mengalami deflasi, kecuali harga telor dan ayam. Sedangkan pasca kejadian aksi teror di Surabaya, Polri telah mengamankan sebanyak 96 orang,” jelasnya.

Kapolri juga meminta kepada para anggotanya agar saat berjaga menggunakan body system dan tak lupa melakukan pengamanan di seluruh obyek wisata.

“Selanjutnya untuk tol-tol fungsional yang belum terdapat banyak penerangan agar mobil-mobil patroli ditempatkan pada titik-titik tersebut dan menyalakan lampu rotatornya,” pungkasnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P juga menginstruksikan untuk melakukan pengamanan obyek wisata di Tuban dan sekitarnya agar lebih diperketat seperti di Batu, wisata air Pandaan, Kebun raya Purwodadi, dll, karena di Surabaya arus mudik maupun balik relatif aman, namun situasi padat terdapat di  tempat wisata.

Kemudian, arahan dari Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi mengatakan, bahwa perlunya antisipasi pada bus-bus yang tidak memliki stiker pengecekan oleh perhubungan agar tidak diperbolehkan beroperasi terutama di tempat-tempat wisata.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga dalam arahannya menyebutkan, bahwa jembatan Kalikuto akan dilakukan percobaan pada H-2 lebaran dengan menggunakan truk. Sedangkan kunci kelancaran arus mudik adalah infrastruktur yang memadai dengan rekayasa lalu lintas dan kepatuhan dalam berkendara (faktor manusia).

Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K) juga menginformasikan bahwa jajarannya telah membuat pos-pos di masing masing pos pengamanan.

Pada arahan terakhir H. Bambang Soesatyo, SE, MBA selaku Ketua DPR RI mengatakan, bahwa mudik tahun ini akan berjalan dengan lancar dan aman. Berkaitan pasca terorisme.

“Kami akan menginstruksikan kepada anggota lantas yang berdinas di lapangan untuk menggunakan Body System dan Senjata Api lengkap,” katanya.

Selesai pengecekan Kapolri dan rombongan menuju Lanud Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur untuk take off menuju Base Ops Halim Perdana Kusuma.

(MP/HumasPolri)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *