Kawal Dana Desa, Kapolda Sultra Kumpulkan Kades, Lurah dan Bhabinkamtibmas Polres Kendari

Kawal Dana Desa, Kapolda Sultra Kumpulkan Kades, Lurah dan Bhabinkamtibmas Polres Kendari

Polda Sultra kumpulkan para Kepala Desa (Kades), Lurah, dan Anggota Bhabinkamtibmas, di jajaran Polres Kendari di salah satu Hotel di Kota Kendari, Rabu (6/12).

Kendari, Metropol – Kapolda Sultra Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengumpulkan para Kepala Desa (Kades), Lurah, dan Anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang ada di jajaran Polres Kendari di salah satu Hotel di Kota Kendari, Rabu (6/12).

Kegiatan tersebut dimaksudkan dalam rangka menindaklanjuti hasil penandatanganan Memorandum of Understanding  (MoU) antara Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Keuangan, dan Kapolri, serta arahan dari Presiden Joko Widodo terkait pengelolaan Dana Desa.

Diwakili oleh Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Sultra, Kombes Pol Erfan Prasetyo, Kapolda Sultra, Brigjen Pol. Andhap Budhi Revianto menyampaikan harapannya kepada para Bhabinkamtibmas agar dapat bersinergi dengan para kepala desa yang menjadi binaannya.

”Bhabinkamtibmas tidak boleh apatis terhadap Kepala Desa, pun sebaliknya. Harus ada kerja sama antara Bhabinkamtibmas dan Kades. Kalau ada Bhabinkamtibmas yang tidak aktif di desa, Pak Kades segera laporkan,” ucap Kombes Pol Erfan

Erfan juga menambahkan, Kapolri tidak main-main dengan penggunaan Dana Desa ini.

Kata dia, jika masyarakat menemukan adanya anggota Polri yang terlibat menyelewengkan Dana Desanya, diharapakan agar segera melaporkannya ke pihak yang berwenang.

“Pimpinan Polri tidak ingin dibuat malu dengan penyelewengan Dana Desa. Jika ada anggota Polri seperti Kapolsek atau Bhabinkamtibmas yang ikut menyelewengkan dana desa, akan dipecat,” tegasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Sultra, Kombes Pol. Wira Satya Triputra mengharapkan para Kades yang ada di wilayah hukum Polres Kendari mampu mengelola Dana Desa dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan.

Dirinya juga mengingatkan, jika pengelolaan Dana Desa haruslah memberi manfaat bagi masyarakat desa tersebut.

“Kami mengharapkan para Kades yang ada di wilayah hukum Polres Kendari mampu mengelola Dana Desa dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan. Hal yang tidak kalah penting adalah pengelolaan Dana Desa harus memberi manfaat bagi masyarakat desa tersebut,” ucap Wira.

Wira juga memastikan, ia bersama anggotanya akan terus berupaya mencegah penyelewengan Dana Desa sedini mungkin.

“Kami pastikan, kami bersama para anggota akan terus berupaya sekuat tenaga untuk mencegah penyelewengan Dana Desa sedini mungkin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Rapat Pengarahan Kapolda Sultra kepada Kades, Lurah, dan Bhabinkamtibmas tentang Kawal Dana Desa ini dihadiri oleh 223 Kepala Desa dan 80 Anggota Bhabinkamtibmas di jajaran Polres Kendari.

(Rona Fajar)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *