Kebugis Berbuka Bersama Prof. Arskal Muin Salim, Ph.D.

Kebugis Berbuka Bersama Prof. Arskal Muin Salim, Ph.D.

Prof. Arskal Muin Salim, Ph.D, Direktur Perguruan Tinggi Islam Kementerian Agama.

Jakarta, NewsMetropol – Pengurus dan warga Keluarga Bugis Sidrap (Kebugis) berbuka puasa dan tarawih bersama warga KKSS di Graha Fajar, Kebayoran Lama, Rawabelong, Jakarta Barat, Kamis (31/5).

Selain dihadiri warga KKSS se-Jabodetabek, acara tersebut juga dihadiri oleh pengurus Institut Lembang Sembilan yakni kelompok kajian pendukung H. M. Jusuf Kalla sejak tahun 2004 yang mana Ketuanya adalah H. M. Alwi Hamu yang juga notabene adalah Ketua Dewan Pembina PB Kebugis.

Keluarga Bugis Sidrap 2

Ketua Institut Lembang Sembilan, H. M. Alwi Hamu.

Prof. Arskal Muin Salim, Ph.D, Direktur Perguruan Tinggi Islam Kementerian Agama selaku pemberi kuliah ramadhan mengawali kuliahnya menegaskan bahwa dirinya merupakan putra asli Sidrap dan anak dari Alm. Prof. Dr. Muin Salim.

“Bapak saya asli Sidrap, tapi saya lahir di Makassar,” kata Arskal.

Profesor Arskal dalam materi kultumnya yang bertemakan “Mengasah Kepekaan Sosial” mengatakan sebagai orang beriman, idealnya, kita melengkapi usaha kedekatan (meraih predikat takwa) kepada Allah dengan berbagi ke sesama, sebagai bentuk kepedulian sosial.

“Bahasa agamanya adalah sedekah atau zakat fitrah di akhir ramadhan,” ujarnya lagi.

Sedekah lanjut Arskal, tidak melulu berbentuk uang tetapi bisa berbentuk non-materi seperti memaafkan orang lain, mendoakan orang lain, tidak berprasangka buruk, menjauhi informasi yang tidak benar (hoax).

Keluarga Bugis Sidrap 3

Ketua Umum PB Kebugis, Irjen Pol (Purn) Dr. M. Said Saile.

“Ke semua itu terungkap dalam Firman Allah yang kita semua sering baca dan hafal, Surat Al Ashr, 103, atau 1-3, tentang janji Allah, betapa pentingnya orang muslim memanfaatkan waktu dengan banyak berbuat kebaikan, dan berpesan-pesan tentang kebenaran dan kesabaran,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Kebugis, Irjen Pol (Purn) Dr. M. Said Saile memandang buka puasa bersama itu dimaksudkan sebagai media silaturrahmi warga asal Sulsel umumnya, keluarga Sidrap khususnya.

“Kami juga mengundang Pak Alwi Hamu, selaku Ketua Dewan Pembina Kebugis untuk menghadiri buka bersama pengurus dan peresmian kantor baru Sekretariat PB Kebugis, Ahad, 3 Juni di Jalan Suprapto, kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat,” jelasnya.

(M. Daksan/Saleh Mude)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *