Kebugis Harus Jadi Agen Pelestarian Khazanah Bugis

Kebugis Harus Jadi Agen Pelestarian Khazanah Bugis

Rapat pemantapan Panitia Hari Ulang Tahun ke 3 PB KEBUGIS, di Bougainville Room, Hotel Cipta, Jalan Wahid Hasyim  Jakarta Pusat, Selasa (13/3).

Jakarta, NewsMetropol – Ketua Dewan Pembina Kebugis H.M Alwi Hamu berharap Kebugis menjadi agen pelestarian khazanah Bugis.

Hal itu disampaikan oleh Alwi Hamu dalam rapat pemantapan Panitia Hari Ulang Tahun ke – 3 Pengurus Besar Keluarga Bugis Sidenreng Rappang (PB KEBUGIS), di Bougainville Room, Hotel Cipta Jalan Wahid Hasyim  Jakarta Pusat, Selasa (13/3).

Lanjutnya, pelestarian khazanah Bugis dapat dimulai dengan pelestarian dan internasionalisasi Bahasa Bugis.

“Ini memang tidak gampang, tapi harus dimulai dari political will pemerintah daerah/kota se-Sulawesi Selatan, misalnya dimulai dari sekolah program Pendidikan Usia Dini (PAUD) dan taman kanak-kanak,” ujarnya.

Alwi Hamu juga mengatakan diusianya yang menjelang tiga tahun, Kebugis hendaknya lebih intens mensosialisasikan semua hal yang berkaitan dengan Kabupaten Sidrap.

Hal itu dimaksudkan agar generasi muda Kabupaten Sidrap, lebih mengenal mencintai dan bangga dengan daerah asal usulnya.

“Misalnya Kebugis mengangkat nama, sejarah hidup, dan pemikiran-pemikiran tokoh lagendaris asal Sidrap, Nene’ Mallomo (La Pagala atau La Makkarau) sebagai pencerahan intelektual kepada generasi muda,” imbuhnya.

Olehnya itu dia menyarankan Kebugis agar segera membentuk tim kecil untuk penulisan sejarah tentang asal-usul Sidrap dan Nene’ Mallomo.

“Semoga kuburan Nene’ Mallomo di Allekuang, Sidrap, suatu hari dapat direnovasi oleh pemerintah daerah Sidrap, sebagai bentuk perhatian dan ikut menjaga warisan bersejarah bernilai tinggi, sekaligus dapat menjadi tempat wisata religius,” harapnya.

Sementara itu, Komisaris PT Dua Ribu Wisata, Agus Salim Hussein menyatakan keprihatinannya atas maraknya peredaran gelap narkoba di Kabupaten  Sidrap.

Kata dia, kondisi tersebut dapat menyebabkan Kabupaten Sidrap kehilangan generasi muda yang berkualitas.

“Selama ini Kabupaten Sidrap telah melahirkan beberapa tokoh yang eksis di level regional maupun nasional. Efek negatif narkoba bisa membahayakan generasi di daerah kita yang selama ini dikenal memiliki generasi yang brilian,” terangnya.

Olehnya itu dia berharap agar semua warga Kebugis memiliki kepedulian atas maraknya peredaran gelap narkoba di Sidrap.

Sedangkan Ketua Panitia Peringatan HUT ketiga Kebugis Kolonel (Lek) Andi Sutomo menerangkan, bahwa puncak peringatan HUT Kebugis akan digelar tanggal 22 April 2018 di Gedung Dwi Warna Lemhannas RI, Jakarta Pusat dengan berupaya menghadirkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla.

Lanjutnya, pada saat itu Panitia pelaksana rencananya akan menampilkan pagelaran tim simponi kecapi dan penyanyi lagu-lagu Bugis dari Sidrap yang akan menghibur sekira 1000 tamu undangan warga Sulsel se Jabodetabek

“Bupati Sidrap, H. Rusdi Masse bahkan sudah mengkonfirmasi akan hadir lengkap dengan semua kepala dinas dan 11 camat dari 11 kecamatan se-Sidrap.  Termasuk tamu dari beberapa peserta Kursus Tingkat Tinggi Lemhannas RI dari manca-negara dan beberapa duta besar negara sahabat pada resepsi nanti,” pungkasnya.

Pantauan NewsMetropol hadir dalam rapat panitia itu Ketua Umum PB Kebugis Irjen Pol (Purn) M. Said Saile, Sekjen PB Kebugis M. Saleh Mude, Direktur Utama PT Dua Ribu Wisata, Travel Haji dan Umrah, Ja’far Muhammadiah, Andi Tenrisau Sapada, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Hanura,  Muchtar Amma, Sekertaris Panitia Ir. Hadiamin Kadir dan Bendahara Kebugis Hj.  Nadimang Atabe.

(Imr/SM)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *