Kepolisian Hong Kong Apresiasi Pengungkapan Kasus 862 Kg Sabu

Kepolisian Hong Kong Apresiasi Pengungkapan Kasus 862 Kg Sabu

Jakarta, Metropol - Pengungkapan kasus Wong Chi Ping, pelaku peredaran 862 kg sabu beberapa waktu lalu. Menuai apresiasi dari dunia internasional termasuk dari Narcotic Bureau of Hong Kong Police. Penghargaan ini disampaikan langsung oleh delegasi kepolisian Hongkong, Mr Ko Shun Chi kepada Kepala BNN, Dr Anang Iskandar kepada wartawan (15/1).

Kepada media, Ko Shun Chi atau yang biasa dipanggil Andrew mengatakan, pengungkapan kasus Wong merupakan bukti nyata kolaborasi atau sinergi internasional yang sangat sukses. Karena itulah, seluruh jajaran kepolisian di Hong Kong memberikan apresiasi yang tinggi pada kegigihan tim BNN dalam membongkar kasus ini.

Penangkapan Wong juga telah berpengaruh besar dalam menekan ruang gerak sindikat narkotika di Hong Kong. “Jaringan sindikat Wong besar sehingga penangkapan ini akan memutus jaringan sindikat narkoba yang berpotensi kuat mengedarkan di berbagai negara, bukan hanya ke Indonesia akan tetapi juga berbagai negara lainnya,” ungkap Andrew.

Saat ditanyakan tentang keterkaitan jaringan Tiongkok dengan Kartel Meksiko, Andrew mengatakan tidak bisa memberikan komentarnya, karena hal tersebut harus dikonfirmasi terlebih dahulu dengan pihak yang berkompeten.

Sementara itu, Direktur Prekursor dan Psikotropika BNN, Agus Andriyanto mengatakan pihak BNN masih akan terus mengembangkan kasus ini. Khususnya dalam membongkar pencucian uang yang dilakukan oleh Wong, BNN masih akan terus berkoordinasi dengan kepolisian Hong Kong.

“Pihak kepolisian Hong Kong juga kini sedang mengembangkan kasus ini juga. Termasuk membongkar tindakan pencucian uang dari jaringan Wong di Hong Kong. Sudah ada beberapa tersangka yang ditangkap, dan kita menunggu informasi dari mereka,” ungkap Agus kepada media.

Terkait kapal yang disita. Muncul wacana untuk ditenggelamkan. Namun hal ini masih membutuhkan koordinasi yang lebih lanjut dengan sejumlah instansi yang terkait. (Deni M/HumasBNN)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *