KN Belut Laut Bakamla RI Sosialisasikan Keamanan Laut di Dumai

KN Belut Laut Bakamla RI Sosialisasikan Keamanan Laut di Dumai

Komandan KN Belut Laut 4806 Bakamla RI Mayor Laut (P) Hadi Syafruddin, S.E., S.T. saat pemaparan dalam acara sosialisasi pentingnya pemahaman tentang keamanan laut dan batas wilayah perairan, di atas kapal KN Belut Laut.

Dumai, Metropol – KN Belut Laut Bakamla RI menggelar sosialisasi tentang keamanan laut kepada para nelayan di Dumai, Sabtu (4/11)

Kasubbag Humas Bakamla RI, Mayor Marinir Mardiono dalam releasenya Ahad (5/11) mengatakan, acara sosialisasi yang bermaterikan pentingnya pemahaman tentang keamanan laut dan batas wilayah perairan tersebut dilaksanakan langsung oleh Komandan KN Belut Laut 4806 Bakamla RI Mayor Laut (P) Hadi Syafruddin, S.E., S.T.  di atas kapal KN Belut Laut.

Dikatakannya bahwa, kegiatan sosialisasi itu mendapatkan perhatian positif dari puluhan nelayan yang memadati area dek kapal yang sedang sandar tersebut.

Lanjut Mardiono,  dipimpin ketua kelompok nelayan Dumai dan didampingi pendamping nelayan dari KKP dan Lanal Dumai, para Nelayan terlihat antusias mengikuti sosialisasi itu guna mendapatkan pengetahuan yang lebih baik sebagai bekal mereka yang sehari harinya menggunakan laut sebagai mata pencahariannya.

Pada kesempatan itu kata dia, Komandan kapal menyampaikan bahwa tugas Bakamla RI adalah melaksanakan patroli di wilayah perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia.

Selanjutnya, dijelaskan pula tentang daerah/wilayah yang diperbolehkan bagi para nelayan untuk melakukan penangkapan ikan, jangan sampai para nelayan tersebut melanggar batas wilayah karena ketidaktahuannya.

“Dijelaskan pula tentang point-point dari Common Guide Line yang merupakan kesepakatan antara RI – Malaysia dikarenakan adanya batas wilayah yang belum jelas. Dalam hal ini nelayan diharapkan mengerti tentang grey area di Selat Malaka dan Natuna, Kepri. Oleh karenanya, pada kesempatan tersebut nelayan juga diberikan edukasi tentang batas-batas wilayah perbatasan perairan dengan negara tetangga,” ujar Mardiono.

Mardiono menuturkan, untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang situasi keamanan laut, disisipkan juga sesi pemutaran film dan foto-foto pemeriksaan kapal di laut, penangkapan, dan latihan operasi bersama Seacat 2017 yang telah dilaksanakan KN Belut Laut.

“Seluruh rangkaian berlangsung dengan lancar. Diakhir acara berlangsung ramah tamah antar seluruh peserta yang hadir dilanjutkan foto bersama di depan kapal. Melalui kegiatan ini, diharapkan para nelayan mendapatkan pemahaman lebih baik tentang kondisi laut, dan kesadaran agar bersikap tertib di laut, menjauhi pelanggaran,” pungkasnya.

(Deni M)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *