Kodim 1417/Kendari Gelar Wisata Matematika Bela Negara bagi Siswa dan Guru SMP se-Kota Kendari

Kodim 1417/Kendari Gelar Wisata Matematika Bela Negara bagi Siswa dan Guru SMP se-Kota Kendari

Wisata Matematika Bela Negara bagi Siswa SMP se-Kota Kendari yang digelar oleh Kodim 1417/Kendari, pada Selasa sore (5/12).

Kendari, Metropol – Komando Distrik Militer (Kodim) 1417/Kendari menggelar Wisata Matematika Bela Negara bagi Siswa SMP se-Kota Kendari. Kegiatan tersebut digelar pada Selasa sore (5/12).

38 orang peserta siswa dan 25 guru perwakilan dari 11 SMP turut ambil bagian dalam kegiatan yang baru pertama kali digelar di Kota Kendari ini.

Quality Control KPM, Muhammad Arodhi mengatakan, Pelatihan Bela Negara ini segaja dikemas dalam bentuk Wisata Matematika guna menarik minat siswa dan guru.

“Selama ini Bela Negara kan kesannya monoton dan kaku seperti Wajib Militer. Ini sengaja kami kemas dalam bentuk Wisata Matematika, agar siswa dan guru tidak takut lagi,” ungkap Arodhi.

Sementara itu, Pelda Inf. Heri Setiadi, Instruktur dari Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad) mengatakan, terdapat delapan item kegiatan yang ada dalam Wisata Matematika Bela Negara ini.

“Ada delapan item antara lain, Dinamika Kelompok, Materi Berfikir Suprarasional, Bermain Matematika Bela Negara, Praktek Peraturan Baris Berbaris Dasar, Permainan Team Work, Demo Senjata TNI AD, dan Berfoto Selfie Bersama Senjata,” jelasnya.

Para peserta, termasuk guru dan murid telihat antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama empat jam ini.

Salah seorang guru, Fahruddin menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini. Hanya saja dirinya menyayangkan kurangnya koordinasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Kendari dengan pihak sekolah yang menyebabkan tidak maksimalnya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Ini sangat bagus sekali. Namun saya menyayangkan kurangnya koordinasi Disdikbud Kota Kendari dengan kami (pihak sekolah, red) sehingga jumlah pesertanya tidak maksimal,” ucap guru SMP Negeri 1 Kendari tersebut.

Untuk diketahui, setelah berhasil menyelenggarakan Wisata Matematika Bela Negara di Kota Kendari, para personel Kodim 1417/Kendari nantinya akan menjadi instruktur bagi para personel Kodim-Kodim lainnya yang ada di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara.

(Rona Fajar)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *