Kolinlamil Sambut Kedatangan KRI Bung Tomo-357

Kolinlamil Sambut Kedatangan KRI Bung Tomo-357

Asops Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Andi Abdul Aziz (kanan) beri ucapan selamat datang kepada Komandan KRI Bung Tomo 357 Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo (kiri) saat tiba di dermaga Moelyono Silam Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (30/10).

Jakarta, Metropol – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), menyambut kedatangan KRI Bung Tomo 357 di dermaga Moelyono Silam Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (30/10).

Kadispen Kolinlamil Letkol (KH) Bazisokhi Gea, S.Pd., M.AP mengatakan, penyambutan tersebut dalam rangka mendukung fasilitas labuh kepada unsur TNI Angkatan Laut yang baru saja tiba di tanah air selesai melaksanakan misi Perdamaian di Lebanon dibawah bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Lanjutnya,  kedatangan KRI Bung Tomo 537 di Kolinlamil disambut oleh Asops Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Andi Abdul Aziz bersama sejumlah Prajurit Kolinlamil dan beberapa perwakilan pejabat dari PMPP.

Gea menuturkan, KRI Bung Tomo 357 mendapat kepercayaan untuk melaksanakan misi United Nations Interim Force in Lebanon (Unifil) sejak tahun 2015 yang saat itu dikomandani Kolonel Laut (P) Yayan Sofiyan dan keberangkatannya dilepas langsung oleh Panglima TNI dari Dermaga Kolinlamil.

“Kemudian tahun 2016 terjadi pergantian personel satgas untuk melanjutkan pelaksanaan misi di bawah pimpinan Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo bersama 107 prajurit lainnya sedangkan KRI Bung Tomo 357 lanjut digunakan,” ujarnya melalui Whatsappnya, Senin (30/10).

Kata Kadispen Kolinlamil, pelayaran KRI Bung Tomo 357 dari Libanon ke tanah air menempuh jarak 6221 mil laut selama 39 hari dan enam jam, dengan menyinggahi beberapa negara diantaranya, negara Mesir, Arab Saudi, Oma dan Sri Langka.

“Selama dalam pelayaran KRI berlayar dengan cuaca yang aman dan lancar serta seluruh prajurit dalam kondisi baik,” ujarnya lagi.

Dia menerangkan bahwa KRI Bung Tomo 357‎ merupakan kapal perang dengan model dan teknologi terbaru jenis Multi Role Light Frigate (MLRF) yang dibeli oleh Indonesia dari produsen kapal BAE System Maritime Naval Ship asal Inggris‎.

Letkol Gea menambahkan bahwa menurut informasi yang diterima pihaknya,  untuk penyambutan secara resmi kedatangan KRI dan Satgas tiba di tanah air setelah selesai melaksanakan misi United Nations Interim Force in Lebanon (Unifil) rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 1 November 2017 nanti yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI di dermaga Moelyono Silam Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

(Risyaji)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *