Komandan Brigade Ituri Apresiasi Kinerja Prajurit Satgas Kizi TNI di Kongo

Komandan Brigade Ituri Apresiasi Kinerja Prajurit Satgas Kizi TNI di Kongo

Komandan Brigade Ituri Brigadir Jenderal Mohammad Kaiser Hosain beserta beberapa staf saat melakukan kunjungan kerja ke Markas Kontingen Garuda dan melihat lansung alat peralatan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco.

Kongo, Metropol – Komandan Brigade Ituri Brigadir Jenderal Mohammad Kaiser Hosain, Ndu, Psc menyampaikan terima kasih atas kinerja seluruh Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni Tentara Nasional Indonesia (Satgas Kizi TNI) Kontingen Garuda (Konga) XX-N/Monusco yang saat ini sedang bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian PBB di wilayah Republik Demokratik Kongo.

Penyampain tersebut disampaikan Komandan Brigade Ituri saat memberikan pengarahan dihadapan 175 Prajurit Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco (Mission de L’Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) di Bumi Nusantara Camp yang berada di Dungu, Republik Demokratik Kongo, Afrika, Jumat (21/7).

Dalam release yang diterima Kantor Redaksi Metropol, Sabtu (22/7), Perwira Penerangan Konga XX-N/Monusco, Kapten Czi Wira Paramita, S.T. mengatakan, Komandan Brigade Ituri Brigadir Jenderal Mohammad Kaiser Hosain beserta beberapa staf terkait saat itu melakukan kunjungan kerja ke Markas Kontingen Garuda dalam rangka melihat secara langsung kegiatan anggota, kondisi pangkalan dan alat peralatan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco yang merupakan salah satu satgas yang berada dibawah operasional Brigade Ituri.

Kata Wira, kedatangan Komandan Brigade Ituri tetsebut diterima oleh Wadansatgas Konga XX-N/Monusco Mayor Czi Aris Widiatmoko, S.IP dan seluruh Perwira yang mana sebelumnya disambut dengan jajar kehormatan dari personel Regu Jaga dan Tari Yosphan (tarian daerah Papua), yang salah satunya bertujuan untuk memperkenalkan budaya khas Indonesia.

Wira menyebutkan bahwa, dalam sambutannya, Jenderal Bintang Satu dari Bangladesh tersebut menyampaikan, kinerja seluruh personel Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco selama enam bulan ini dinilai sangat baik termasuk oleh masyarakat sekitar Dungu.

“Tetap tingkatkan semangat dalam bekerja agar mendapatkan hasil yang terbaik dan tetap menjaga faktor keamanan, karena saat ini situasi keamanan di Republik Demokratik Kongo sedang meningkat,” ucap Wira menirukan Brigjen Kaiser.

Memurut Wira, kebanggaan Perwira tinggi asal Bangladesh terhadap kinerja Kontingen Garuda bukanlah tanpa alasan karena dimata Jenderal Bintang Satu itu, Kontingen Garruda dapat mengerjakan pekerjaan tepat waktu dan dengan hasil yang terbaik, dapat berinteraksi dengan masyarakat sekitar Dungu dengan baik.

“Hal ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya kegiatan Cimic (Civil Military Coordination) yang dilaksanakan,” katanya lagi.

Wira menyebutkan, pada kesempatan itu pula Komandan Brigade Ituri beserta beberapa stafnya menerima paparan dari Wadansatgas Konga XX-N/MonuscoMayor Czi Aris Widiatmoko, S.IP di ruang rapat Bumi Nusantara Camp, Dungu, Republik Demokratik Kongo, Afrika.

Saat itu, Mayor Czi Aris Widiatmoko, S.IP memaparkan tentang pekerjaan yang dilaksanakan oleh Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco, diantaranya pekerjaan Key Task yang meliputi pekerjaan perbaikan jalan Dungu-Isiro sepanjang 206 km dan perbaikan jalan Faradje-Durba sepanjang 72,2 km, pekerjaan Major Task yaitu pemeliharaan Runway bandara Dungu dan 37 pekerjaan Minor Task serta beberapa kegiatan Cimic yang dilaksanakan oleh Satgas selama melaksanakan penugasan selama enam bulan di Republik Demokratik Kongo.

Setelah menerima paparan dari Wadansatgas Mayor Czi Aris Widiatmoko, Komandan Brigade Ituri beserta rombongan berkeliling melihat kegiatan anggota di Camp Bumi Nusantara Dungu serta alat dan perlengkapan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco.

Mengakhiri kunjungannya, Komandan Brigade Ituri Brigadir Jenderal Mohammad Kaiser Hosain menyempatkan untuk melihat hasil pekerjaan Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco yaitu perbaikan Jembatan Kaka yang berada di wilayah territorial Dungu.

Untuk diketahui Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco beranggotakan 175 Prajurit TNI dari ketiga angkatan (150 personel TNI AD, 19 personel TNI AL dan 6 personel TNI AU) sebagian besar dari Yonzikon 11 dan Yonzikon 12 yang berdomisili di Jakarta dan Palembang.

Satgas ini dipimpin oleh Letkol Czi Nur Alam Sucipto, S.Sos sebagai Komandan Satgas. Nur Alam Sucipto merupakan abituren Akademi Militer 2000 yang saat ini menjabat sebagai Komandan Batalyon Zeni Konstruksi 11/DW, di Matraman, Jakarta Timur.

(M. Daksan)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *