Lantik Pj Gubernur Sultra, Mendagri Singgung Netralitas ASN di Pilkada

Lantik Pj Gubernur Sultra, Mendagri Singgung Netralitas ASN di Pilkada

Mendagri, Tjahjo Kumolo melantik Pejabat (Pj) Gubernur Sultra, Teguh Setyabudi di Aula Bahteramas, Kompleks Perkantoran Bumi Praja pada Senin pagi (19/2).

Kendari, NewsMetropol – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo melantik Pejabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Teguh Setyabudi di Aula Bahteramas, Kompleks Perkantoran Bumi Praja pada Senin pagi (19/2).

Menteri Tjahjo tiba di Aula Bahteramas sekitar pukul 9.45 WITA dan langsung memasuki gedung tempat acara pelantikan tersebut.

Dalam sambutannya, Tjahjo Kumolo mengingatkan tentang integritas pejabat daerah dan ASN dalam melawan setiap tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme.

“Pejabat publik harus punya integritas. Jauhi perilaku korupsi, kolusi, dan nepostisme,” ucap Tjahjo di hadapan tamu undangan yang hadir.

Selain itu, Tjahjo juga mengingatkan tentang netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi Pilkada Serentak 2018 mendatang.

“Pilkada Serentak sudah dekat. Saya ingatkan, ASN harus netral dalam Pilkada, tidak boleh terlibat dalam kampanye atau mendukung pasangan calon. Juga tidak boleh ada yang memobilisasi ASN untuk memenangkan pasangan calon tertentu,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Teguh Setyabudi dilantik sebagai Pj. Gubernur Sultra berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 23/P tentang Pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pengangkatan Pj Gubernur Sultra yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 7 Februari 2018.

Teguh Setyabudi merupakan pejabat Eselon I di Kementerian Dalam Negeri yang menjabat sebagai Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM).

Teguh mengisi kekosongan jabatan Gubernur Sultra, Nur Alam dan Pelaksana Tugas Gubernur Sultra, Saleh Lasata yang masa tugasnya telah berakhir pada 18 Februari 2018 lalu.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Forum Komukasi Pimpinan Daerah (Forkompida), beberapa Anggota DPR RI dab DPD RI asal Sultra, Anggota DPRD Sultra, Kepala Daerah dari 17 Kabupaten dan Kota yang ada di Sultra, serta beberapa pejabat dari Kemendagri dan Sekretariat Negara.

(Ronal Fajar)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *