Lumajang Targetkan 1 Obyek Wisata Dalam 1 Desa

Lumajang Targetkan 1 Obyek Wisata Dalam 1 Desa

Lumajang, Metropol - Visi kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Lumajang adalah mewujudkan Kabupaten Lumajang sebagai Kota tujuan wisata regional, nasional dan internasional yang berbasis masyarakat dan pelestarian seni, budaya.

Hal juga tak luput dengan misinya untuk mewujudkan masyarakat Lumajang yang sejahtera dan bermartabat. Lumajang yang memiliki potensi wisata tak kalah dengan tempat wisata lainnya. Namun, hal itu membutuhkan kerjasama dari masyarakat Lumajang untuk mempromokan potensi-potensi seperti itu.

Seperti contoh, obyek wisata Pemandian Alam Selokambang, yang airnya bersumber dari mata air yang alami. Dan bisa dimanfaatkan sebagai terapi penyembuhan berbagai penyakit.

“Tempat wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas meliputi, Area Parkir, Kolam Dewasa, Kolam Anak, MCK, Kamar Bilas, Kuliner, Angsa Air, Kano, Jet Sky dan Flying Fox. Pemandian Alam Selokambang merupakan icon wisata di Kabupaten Lumajang,” ungkap Gawat Sudarmanto, Kepala Disbudpar Lumajang, kepada media.

Obyek wisata ini terletak di Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko berjarak ± 7 Km dari Kota Lumajang. Untuk dapat mencapai lokasi tersebut, dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 dengan akses jalan beraspal.

“Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang sangat serius dengan melakukan pembinaan dan pengembangan untuk mewujudkan program 1 Kecamatan 1 desa wisata. Ini akan terus dilakukan, salah satu contoh wilayah di Kecamatan Senduro tepatnya Desa Argosari yang berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo sudah mulai di datangi wisatawan,” tambah Gawat.

Karena menurut Gawat, desa ini memiliki banyak potensi khususnya potensi pertanian. Kawasan puncak B-29 (2.900 dpl) dengan adat istiadatnya yang unik.

Dan dari pantauan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang, yang beberapa kali meninjau Desa Argosari, mulai bulan Februari – Mei 2014, kemarin sudah lebih dari 5000 wisatawan yang berkunjung di Desa Wisata ini.

“Bulan Mei tahun lalu, beberapa wisatawan tak hanya datang dari wilayah di Indonesia saja. Namun terdapat beberapa turis mancanegara seperti China, Jepang, Portugal dan Belanda juga bermalam di Desa Wisata ini,” imbuhnya.

Sebab banyak obyek wisata yang dapat dinikmati diantaranya, kampung tradisi, kampung nirwana, masjid tertinggi di pulau Jawa, hamparan karpet pertanian hingga wisata diatas awan dapat dirasakan.

“Untuk itu segera kunjungi Desa Wisata Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk memudahkan mendapatkan informasi, Dinas Kebudayaann Pariwisata telah membuat Pusat Informasi Pariwisata Lumajang yang terletak di Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Lumajang Telp. 0334-891418, e-mail: pariwisata_lmj@yahoo.com. Bagi para wisatawan juga dapat melihat dan mengetahui jenis-jenis paket wisata yang ditawarkan Kabupaten Lumajang. (Atiek)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *