Madrasah Aliyah Ikuti Pelatihan Calon Jurnalis

Sukabumi, Metropol - Ratusan pelajar tingkat Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menangah Kejuruan (SMK) se Kabupaten Sukabumi, mengikuti pelatihan jurnalistik yang digelar oleh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Sukabumi, Selasa (20/1/2015). Pelatihan calon jurnalis tersebut, merupakan kali pertama dilakukan oleh Kemenag. Tidak heran, para peserta pun nampak terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan jurnalis yang dipusatkan di Gedung KPDA, Lembursitu Kota Sukabumi.

Salah seorang peserta pelatihan jurnalis, Ajeng Nurwandisaat ditemui disekitar gedung mengatakan, ia mengaku senang dengan adanya pelatihan jurnalis yang diikuti oleh para pelajar tersebut. Pasalnya, kegiatan yang dijadikan sebagai pengalaman baru itu, selain bisa memberikan wawasan baru yang menyangkut dengan dunia jurnalis. Maka kegiatan ini pun dianggap sebagai sesuatu yang postif untuk para pelajar. “Saya sangat senang telah mengikuti kegiatan ini. Meskipun kali pertama yang saya alami. Tetapi ini sangat bermanpaat untuk saya,” katanya.

Ajeng yang merupakan salah seoarang pelajar di Al Masturiyah Kabupaten Sukabumi menjelaskan, pelatihan jurnalis ini sangat bermanpaat bagi kehidupan sehari – hari. Pasalnya, pelatihan jurnalis ini memberiklan wawasan terkait dengan pengemasan informasi, dan kemudian berdampak pemahaman dalam menerima informasi. “Dengan adanya pelatihan ini, saya kini menjadi tahu bahwasanya terdapat banyak perbedaan informasi diantara mana opini dan mana fakta,” ujar remaja berhijab tersebut.

Kedepan, ia berharap, pasca mengkitu pelatihan jurnalis tersebut, para peserta atau pelajar, dapat mengimplementasikan terkait dengan keilmuan jurnalis. Sehingga berbagai potensi dapat tergali, dan menghasilkan sesuatu kekaryaan yang tentunya sangat berharga. “Mudah – mudahan kedepan setelah adanya pelatihan jurnalis ini, kawan – kawan pelajar dapat melaksanakan apa yang didapat dalam keilmuan jurnalis, seperti halanya ingin menjadi penulis,” ungkapnya.

Sementara itu, Humas Kemenag Kabupaten Sukabumi, Tatep menyebutkan bahwa, kegiatan ini akan menjadi bagian dari program kerja tahunan kemenag, pasalnya, kegiatan ini banyak terdap manpaat. “Kami akan berupaya agar kegiatan ini menjadi bagian dari kegiatan rutinan kemenag,” singkatnya.

Tatep memaparkan, kedepan akan digelar kegiatan yang sama, namun para pesertanya diikuti oleh para perangkat kerjanya, yakni melibatkan 47 KUA yang ada di Kabupaten Sukabumi. “Insyaallah kami akan kembali melakukan pelatihan jurnalis dengan melibatkan peserta yang berbeda, hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan tentang dunia jurnalis, yang merupakan mitra kerja pemerintah berikut dengan kemenag,” pungkasnya.

(Dedi Hendra)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *