Operasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018 Resmi Dimulai Hari Ini, Sultra Masuk Kategori Rawan

Operasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018 Resmi Dimulai Hari Ini, Sultra Masuk Kategori Rawan

Wakapolda Sultra, Kombes Pol Winarto, memimpin Apel asukan gabungan Operasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018, yang dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara, Jumat (5/1).

Kendari, NewsMetropol – Operasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018 resmi dimulai hari ini. Operasi bersandikan Mantap Praja ini diawali dengan apel pasukan gabungan yang terdiri dari berbagai unsur diantaranya Polri, TNI, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, dan Basarnas.

Untuk wilayah Sulawesi Tenggara, apel pasukan dilaksanakan di Lapangan Upacara Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara. Dipimpin oleh Wakapolda Sultra, Kombes Pol Winarto, apel gabungan ini dilaksanakan pada Jumat pagi (5/1).

Dalam sambutannya, Wakapolda mengatakan tujuan dari Operasi Mantap Praja 2018 adalah mengawal dan mengamankan setiap tahapan-tahapan yang ada dalam Pilkada Serentak 2018.

“Pilkada Serentak Gubernur, Bupati, dan Walikota 2018 merupakan salah satu rangkaian agenda nasional¬† yang dilaksanakan di 171 daerah di Indonesia. Untuk itu kami dari Kepolisian dibantu unsur TNI dan Pemda akan mengawal dan mengamankan setiap tahapannya,” ungkap Wakapolda.

Wakapolda mengharapkan semua pihak dapat menjadikan momen Pilkada Serentak ini sebagai proses pendewasaan dalam berdemokrasi.

“Masyarakat harus lebih bijak dalam menghadapi setiap proses dan tahapan-tahapan Pilkada yang akan dilaksanakan nantinya agar demokrasi sebagai suatu sistem diharapkan mampu menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur, adil, dan sejahtera,” imbuhnya.

“Masyarakat harus menghormati hak-hak politik masing-masing individu termasuk dalam hal memilih pasangan calon kepala daerah,” lanjut Winarto.

Ditanya tentang tingkat kerawanan wilayah Sultra pada Pilkada Serentak 2018, Winarto mengatakan, seluruh wilayah Sultra yang melaksanakan Pilkada Serentak pada 2018 ini masuk ke dalam kategori daerah rawan.

“Seluruh wilayah Sultra yang melaksanakan Pilkada masuk ke dalam kategori rawan konflik. Kenapa kita kategorikan demikian, karena kita tidak mau kecolongan nantinya,” pungkas Winarto.

Untuk diketahui, tahapan Pilkada Serentak 2018 akan dimulai dengan Masa Pendaftaran Pasangan Calon pada 8 Januari 2018 mendatang. Selanjutnya akan diikuti dengan Pemeriksaan Kesehatan pada 15 Januari 2018.

(Ronal Fajar)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *