Peduli Isu Perempuan dan Anak, UIT Bakal Gelar Pelatihan Jurnalis

Peduli Isu Perempuan dan Anak, UIT Bakal Gelar Pelatihan Jurnalis

Wakil Rektor IV UIT Bidang Humas Kerjasama dan Inovasi, Zulkarnain Hamson, S.sos M.Si.

Makassar, NewsMetropol – Wakil Rektor IV Universitas Indonesia Timur (UIT), Zulkarnain Hamson, S.Sos. M.Si. mengatakan pihaknya akan menggelar pelatihan jurnalistik.

Kata dia pelatihan berprespektif perempuan dan anak tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu (7/9) mendatang dan akan diikuti oleh sekira 20 wartawan dari perwakilan 20 media.

“Acara itu dijadwalkan menghadirkan pemateri Nurdin, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar,” ujar Zulkarnain Hamson kepada wartawan, Kamis (5/9)

Dosen Ilmu Komunikasi Fisip UIT ini juga mengatakan bahwa dipilihnya UIT sebagai tempat pelaksanaan, dikarenakan tindaklanjut adanya Memorandum of Agreement (MoA), antara BaKTI dan Fisip UIT, yang baru-baru ini dibahas kedua institusi itu.

“Berdasarkan penjelasan Koordinator program pelatihan dari BaKTI, Lusi Palulungan, kegiatan yang menjadi agenda program MAMPU Australia, memang menyasar jurnalis online, yang dinilai perlu memahami pola jurnalistik peduli perempuan dan anak,” ujarnya lagi.

Kegiatan yang melibatkan bukan hanya jurnalis online dari berbagai media di Sulsel, melainkan juga puluhan dosen dari 22 program studi di UIT itu, bertujuan mengetahui perspektif, jurnalis juga dosen pada isu perempuan dan anak.

“Kami mempunyai kesempatan yang sangat baik dalam meletakkan isu perempuan dan anak bukan saja dalam penulisan berita, melainkan juga dalam pendidikan,” terang Zulkarnain Hamson, yang juga Direktur Pusdiklat Jurnalis Online Indonesia JOIN KTI.

Sementara itu, Rektor UIT, Dr. Andi Maryam, SST. SKM. M.Kes. menyambut baik kemitraan yang dilakukan Fakultas Sospol tersebut.

Dia berharap di bawah kepemimpinannya, manajemen baru UIT bisa melakukan sinergi program Tridharma perguruan tinggi dengan berbagai institusi di Seluruh Indonesia bahkan internasional.

Senada dengan itu, Dekan Fisip UIT, Dr. (Cand) Nani Harlinda Nurdin, M.Si. selaku penanggungjawab kegiatan itu mengatakan kerjasama yang dibangunnya dengan BaKTI bukan hanya dalam pelatihan, melainkan penelitian juga pengabdian masyarakat.

“Kami berterima kasih BaKTI menjadikan kami mitra, sesuatu yang sangat kami harapkan sejak lama, karena BaKTI adalah lembaga yang sangat berkualitas dalam menangani berbagai problem mendasar di masyarakat,” ujarnya.

Untuk diketahui pelatihan tersebut akan berlangsung satu hari penuh dengan menghadirkan fasilitator yang sangat berpengalaman.

(Aziz Kane)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *