Pemkab Barru Silaturrahmi Bersama Masyarakat Nelayan

Pemkab Barru Silaturrahmi Bersama Masyarakat Nelayan

Barru, Metropol - Salah satu upaya meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat, khususnya dibidang perikanan dan kelautan,  pemerintah daerah kabupaten Barru, melalui Dinas Perikanan dan Kelautan melaksanakan acara Silaturrahmi dengan seluruh masyarakat nelayan sekabupaten Barru pada hari Minggu 18 Januari 2014.

Acara tersebut dilaksanakan di Baruga Singkerru Adae Rumah Jabatan Bupati Barru yang dihadiri oleh Bupati Barru, Ir. H. Andi Idris Syukur MS., Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan  beserta pejabat yang ada di Dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Barru, para tokoh dan ketua kelompok nelayan dan pelaku usaha dibidang  perikananan.

Selain bersilaturrami dengan masyarakat nelayan, Pemda Barru  dibawah kepemimpinan Andi Idris Syukur, juga menyerahkan bantuan kepada masyarakat nelayan se kabupaten Barru. Bantuan tersebut diserahkan untuk mempermudah para nelayan, pembudi daya, dan pelaku usaha perikanan dalam meningkatkan hasil pendapatannya.

Dalam laporannya, kepala dinas Perikanan dan Kelautan kabupaten Barru, H. Andi Sidda mengatakan, pelaksanaan pembangunan dibidang perikanan dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini telah menunjukkan hasil yang menggembirakan walaupun belum maksimal.  Pertama, meningkatnya seluruh hasil usaha produksi dan produktifitas baik itu nelayan, pembudidaya, pengelolah. Pemasar, kedua meningkatnya sarana dan prasarana yang cukup memadai. Ketiga, meningkatnya penyerapan tenaga kerja. Keempat, meningkatnya kemampuan permodalan melalui koperasi Budi Bahari dan bantuan pengembangan pedesaan modal usaha serta Dana Penguatan Modal (DPM)

Menurutnya, untuk memaksimalkan pembangunan dibidang Perikanan dan Kelautan di Kabupaten Barru telah ditempuh berbagai cara dan pendekatan dalam upaya meningkatkan pembangunan Perikanan dan Kelautan sebagaimana yang diamanatkan dalam rencana strategis pembangunan jangka menengah daerah kabupaten Barru dan sesuai dengan program Pemda Barru. Maka masyarakat nelayan akan menerima berbagai jenis bantuan termasuk sarana dan prasarana pengembangan usaha nelayan.

Bupati Barru dalam sambutannya mengatakan bahwa pada tahun 2015 ini, Pemda Barru akan mengalokasikan dana APBD tingkat II, APBD tingkat I dan APBN untuk membangun sarana dan prasarana perikanan dan kelautan antara lain yaitu perluasan areal Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sumpang Binangae dan membangun pabrik es, Tempat Pengisian BBM khusus nelayan  serta semua sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat nelayan.

“Bantuan dari pemerintah ini  adalah sebagai dorongan agar upaya-upaya daripada ekonomi kerakyatan bisa berkembang. Pada tahun 2015 ini, ekonomi dibidang perikanan dan kelautan akan lebih ditingkatkan lagi, karena hal ini sejalan dengan program pemerintah pusat dibidang kemaritiman,” ujarnya.

“Dapat kita saksikan diberbagai media, baik cetak maupun elektronik bahwa  pemerintah sekarang ini menyadari bahwa sekian lama masyarakat yang ada diwilayah pesisir kurang mendapat perhatian padahal potensi kelautan diwilayah kita memiliki cukup banyak sumber daya yang bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sehingga berbagai upaya akan terus dilakukan dalam rangka membangun ekonomi disektor Perikanan dan Kelautan “ tambahnya.

Di akhir acara tersebut, salah seorang perwakilan masyarakat nelayan se kabupaten barru, Rahman sempat menyampaikan  terimah kasih dan rasa syukur dan sekaligus menyatakan harapannya agar kegiatan seperi ini dapat terus dilaksanakan di waktu akan datang. (Mahmud Rahim/Ahkam)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *