Pemkab Lobar Nyatakan Siap Jadi Kabupaten Laik Anak

Pemkab Lobar Nyatakan Siap Jadi Kabupaten Laik Anak

Peringatan Hari Anak Nasional dipusatkan di Taman Kota Giri Menang dengan mengusung tema “Saya Anak Lombok Barat. Saya Gembira”.

Lobar, Metropol – Ketua Panitia Pelaksana Hari Anak Nasional Kabupaten Lombok Barat Bagus Aryadi mengatakan, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (Harnas), Pemkab Lobar menyatakan siap menjadi kabupaten laik anak.

Kata dia, Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Lobar dipusatkan di Taman Kota Giri Menang dengan mengusung tema “Saya Anak Lombok Barat. Saya Gembira”.

“Tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi anak-anak Lombok Barat,” ujar Bagus Ariyadi kepada Metropol, Kamis (14/9).

Lanjutnya, didukung Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Lombok Barat, PKBI NTB, Yayasan Santai, Pancakarsa, Kelompok Perlindungan Anak Desa dan Aliansi YES I DO, kegiatan ini diikuti 150 siswa SD, SMP dan SMA serta 50 peserta dari SKPD dan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang perlindungan anak.

Sementara itu, Sekretaris DP2KBP3A, H. Ardipati mengatakan, kasus kekerasan terhadap anak, seperti kasus penelantaran, kekerasan fisik, kekerasan dalam rumah tangga hingga kasus pencabulan saat ini semakin meningkat.

Hal itu kata dia, sangat menghawatirkan mengingat anak-anak adalah aset terbesar yang kelak akan meneruskan perjuangan dan cita-cita bangsa.

“Tak ada yang bisa melindungi mereka dari tindakan kekerasan yang sedemikian nista, kecuali kita sebagai orang tua,” tegasnya.

Menurut dia, pihaknya telah berupaya untuk menyelamatkan anak di NTB

melalui berbagai program seperti Gerakan Anti Merariq Kodeq atau Gerakan Anti Nikah Usia Dini (GAMAQ) dan gerakan Ayo Mengaji.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat berupaya memberikan perlindungan dan merealisasikan mimpi anak-anak Lombok Barat.

“Mari bersama-sama kita sukseskan program Pemda untuk memberikan pendidikan dan perhatian yang lebih baik kepada anak-anak,” ajaknya.

Kegiatan juga diisi dengan pembacaan puisi dan penandatanganan petisi tentang pernyataan sikap untuk mendukung Lombok Barat sebagai Kabupaten Layak Anak.

(Rahmat/Amrin)

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *